ITS Akan Mengikuti Instruksi Kemenristekdikti Soal Dosen Terlibat HTI!

0
291
HTI
Copyright©bloger

ITS Akan Mengikuti Instruksi Kemenristekdikti Soal Dosen Terlibat HTI!

Indowarta.com – Kali ini Institut Tekologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya angkat bicara terkait dosen yang ikut tergabung dalam organisasi kemasyarakatan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Terkait dosen yang terafiliasi HTI oleh ITS ditangapi dengan menyatakan akan mengikuti arahan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Menganai hal ini sebelumnya telah disampaikan oleh Menristekdikti, Mohamad Nasir kemarin. Dia menyebutkan jika proses pendataan pengajar atau dosen yang terafiliasi dengan ormas HTI masih akan terus dilakukan.

Pernyataan itupun langsung ditanggapi oleh Rektor ITS Prof Joni Hermana dengan mengatakan jika pihaknya tak perlu mengeluarkan kebijakan khusus terkait hal ini. Dia mengatakan hanya cukup meneruskan arahan dari Kemenristekdikti karena menurutnya secara resmi HTI tidak ada di ITS.

WAJIB BACA :  Coba Motor Listrik Gesits Buatan Anak ITS, Menteri Jonan Ngaku Minat Beli!

‘Data secara resmi menunjukan jika di ITS tak ada dosen yang terafiliasi dengan HTI. Maka dari itu tidak perlu diberikan kebijakan khusus dan hanya perlu meneruskan arahan yang diberika oleh Menristekdikti’ ujarnya pada Selasa, 25 Juli 2017.

HTI
Copyright©

Joni juga menambahkan jika di area kampusnya baik pengajar maupun mahasiswanya tak ada indikasi tergabung dalam ormas HTI. Dia mengatakan jika ormas yang dianggap bertentangan dengan pancasia dan UUD 1945 ini bukanlah gerakan di bawah tanah seperti Partai Komunis Indonesia (PKI). Oleh sebab tiu menurutnya jika memang ada tentunya akan lebih mudah terdeteksi.

Meskipun demikian Joni mengaku jika pihaknya belum mendapatkan surat edaran dari Kemenristekdikti terkait hal ini. Sosialisasi soal dosen terafiliasi HTI ini dilakukan oleh Wiranto sebagai Menkopolhukam kepada seluruh pimpinna perguruan tinggi negeri.

WAJIB BACA :  Coba Motor Listrik Gesits Buatan Anak ITS, Menteri Jonan Ngaku Minat Beli!

‘Setelah sosialisasi awal rencana revisi Perppu beberapa waktu lalu belum ada arahan resmi lagi. Kami belum dapat surat edaran dan justru mengetahui opsi dari Menristekdikti ini dari media sosial’ ujarnya

Seperti diketahui jika setelah peluncuran Perppu tentang ormas, HTI sudah dilarang keberadaannya di Indonesia. Dibubarkannya organisasi umat islam itu karena dianggap tak sejalan dengan nilai-nilai Pancasila. Kemenristekdikti sendiri juga menyatakan akan segera mengungkap jumlah dosen terafiliasi HTI yang bekerja di perguruan tinggi negeri di Indonesia.

baca juga : Perppu Ormas: Pengikut HTI Bisa Dipenjarakan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here