Tiga Cara Ampuh Aplikasi Android Terinfeksi Malware!

0
392
Aplikasi Android
Copyright©android

Tiga Cara Ampuh Aplikasi Android Terinfeksi Malware!

Indowarta.com– Banyak aplikasi yang telah bertebaran di dalam toko aplikasi Android yakni Google Play Store yang tidak sepenuhnya aman dijalankan. Oleh sebab itu, Google kini telah meluncurkan tool yang terbaru yakni bernama Google Play Protect. Tool ini akan berfungsi untuk melindungi perangkat Android dari aplikasi yang memang riskan terinfeksi malware.

baca juga : Xiaomi Redmi Note 5A Bocor Melalui Penampakan Berikut Ini!

Cara kerja dari tool ini memanglah sangat sederhana yakni Aplikasi Android ini akan memberikan peringatan kepada para pengguna jika nantinya telah menemukan aplikasi yang di dalamnya terdapat malware sebelum aplikasi tersebut telah diunduh.

Namun perlu dicatat bahwa tool Google Play Protect ini hanya dirancang untuk mengidentifikasi langsung dari Play Store saja, jadi bukan melalui aplikasi yang diunduh dari situs web third party atau via APK. Alangkah baiknya bahwa anda segera memasang tool Google Play Protect ini untuk mengantisipasi perangkat Android anda dari aplikasi yang telah terjangkit malware. Berikut ini adalah bebrapa langkah yang bisa ditempuh :

Aplikasi Android
Copyright©oketekno

– Simak Daftar Aplikasi Yang Di Scan
untuk bisa memeriksa sebuah kondisi Aplikasi Android yang berisikan malware ataupun tidak, anda bisa memastikannya melalui daftar aplikasi yang di scan. Caranya adalah Settings -> Google -> Security -> Google Play Protect. Disitu anda akan bisa menemukan aplikasi yang dicurigai berbahaya dan juga fitur untuk bisa menyalakan fitur pengecekan perangkat untuk keamanan dan juga akan meningkatkan deteksi aplikasi yang terdapat malware.

baca juga : Xiaomi Mi Note 2 Edisi Spesial Diluncurkan dengan Harga Lebih Miring!

– Tinjau Ulang Sebeum Unduh Aplikasi
Semua aplikasi yang ada di dalam Play Store ini akan memperlihatkan logo verifikasi di bagian bawah logo aplikasi tersebut. Hal ini karena Google sudah mengimplementasikan Play Protect. Jika aplikasi tersebut telah aman dari malware dan juga tentunya sudah terverifikasi oleh Google, maka akan ada tulisan “Verified by Google Play Protect”.

– Kembali Lakukan Pemeriksaan Setelah Update.
Belum tentu aman jika ada aplikasi yang sudah diperbarui. Oleh sebab itu Google telah melengkapi tool Google Play Protect ini dengan fitur menginformasikan pengguna jika aplikasi yang baru saja diperbarui itu aman dari Malware.

baca juga : 

Duh. .Xiaomi Redmi Note 4 Ini Meledak Saat Terekam CCTV!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here