Berita Terkini : Menlu Pastikan 4 Korban Sandera Abu Sayyaf Dalam Kondisi Baik Baik Saja !

0
915
abu sayyaf

Berita Terkini : Menlu Pastikan 4 Korban Sandera Abu Sayyaf Dalam Kondisi Baik Baik Saja !

indowarta.com– Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi  telah memastikan bahwa empat korban sandera Abu Sayyaf telah dibebaskan dengan keadaan yang baik. Pemeriksaan kesehatan sudah dilakukan.  tersebut dinyatakan dalam kondisi sehat.

Empat korban sandera Abu Sayyaf tersebut adalah M Ariyanto 22 tahun yang merupakan Nahkoda, Loren Martinus Petrus Rumawi, Dede Irfan Hilmi 25 dam Samsir 35 tahun. Retno sendiri mengatakan bahwa pihaknya sudah berkomunikasi dengan pihak keluarga korban bahwa pembebasna berhasil dilakukan dengan selamat.

Juru Bicara Kemennterian Luar Negeri Arrmanatha Nasir mengatakan bahwa pada siang tadi empat WNI tersebut telah diserahkan oleh Pemerintah Filipina kepada pemerintah Indonesia. serah terima tersebut dilaksanakan di atas KRI yang berada di perairan Filipina.

Kemudian empat sandera tersebut dibawa dahulu ke Tarakan, Kalimantan Utara. Pemerintah akan mengusahakan sore ini mereka bisa sampai ke indonesia kemungkinan akan mendarat di bandara Halim Kusuma. Ketika ditanyai mengenai teknik kepulangannya menggunakan pesawat apa, Arrmanatha sendiri mengaku belum mengetahui hal tersebut.

abu sayyaf

Keempat ABK asal Indonesia kapal tunda Henry disandera kelompok Abu Sayyaf pada saat berlayar menarik tongkang Christy kembali ke Tarakan, Kalimantan Utara dari Cebu Filipina. Pembajakan sendiri terjadi ketika berada di perairan timur bagian Sabag, Malaysia pada hari Jum’at 15 April 2016.

Saat pembajakan tersebut, ada lima orang yang berhasil menyelamatkan diri. Lima orang tersebut yakni Sembara Oktavian, Leonard Bastian, Rohaidi, Royke F Montolalu, dan Yohanis Serang.

Mereka berlima  bersembunyi setelah Yohannis Serang, ABK warga Kecamatan Tarakan Barat, Kota Tarakan, Kalimantan Utara melilhat ada kapal cepat dengan penumpang yang menenteng senjata pai sedang melaju kencang ke arah kapal tunda Henry.

Setelah bersembunyi mereka diselamatkan oleh Angkatan Laut Malaysia. Sebelum pembajakan tersebut juga terjadi pembajakan terhadap 10 WNI ABK Kapal tunda Brahma 12 juga oleh Abu Sayyaf. 10 sandera WNI tersebut juga telah berhasil dibebaskan sebelumnya.

baca juga :

Berita Terkini : Rona Kegembiraan Terpancar Dari Jokowi Kala Umumkan Pembebasan 4 Sandera Abu Sayyaf Berhasil Dilakukan !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here