Pilpres 2019 Nanti, Partai Demokrat Punya Kans Calonkan Sosok Agus Yudhoyono!

0
1268
Agus Yudhoyono
Copyrigth©viva

Pilpres 2019 Nanti, Partai Demokrat Punya Kans Calonkan Sosok Agus Yudhoyono!

Indowarta.com – Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari menyebut peluang Jenderal Gatot Nurmayanto diusung sebagai calon presiden atau pun wakil presiden 2019 tak begitu besar. Hal ini karena saat ini sudah terlihat adanya poros kolisi pendukung calon presiden.

Partai-partai yang akan bergabung dalam koalisi pendukung pemerintah diantaranya: Golkar, NasDem, dan PPP mendeklarasikan dukungannya untuk Joko Widodo. Sementara itu, PDIP, Hanura dan PKB juga berpeluang kuat mengusung Jokowi di Pilpres 2019 mendatang.

Sedangkan poros kedua dibentuk oleh Gerindra yang kuat kemungkinan akan berkoalisi dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Jika koalisi ini terbentuk, maka Gerindra dan PKS tentu akan mengusung Prabowo sebagai calon presiden.

Baca Juga Presidential Threshold Adalah Skenario Untuk Jegal Prabowo di Pilpres 2019?

Kini hanya tersisa Partai Demokrat dan Pan yang belum menentukan arah koalisisnya. Menurut Qodari, Demokrat dan PAN berpeluang membentuk poros baru jika berhasil menarik satu atau dua partai dari poros pendukung Jokowi atau pengusung Prabowo.

Agus Yudhoyono
Copyright©tribunstyle

Misalnya saja jika Partai Demokrat dan Pan bisa menggaet PKB untuk bergabung. Maka dipastikan poros ketiga akan terbentuk. Demokrat akan menjadi pemimpin dalam poros ketiga ini.

Sebagai pimpinan poros, Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono kemungkinan besar bakal mengajukan Agus Harimurti Yudhoyono sebagai calon presiden yang mungkin didampingi Zulkifli atau Muhaimin Iskandar.

Sementara itu, kabarnya Prabowo dan SBY akan melangsungkan pertemuan. Presiden PKS Sohibul Imam menyambut positif pertemuan antara kedua tokoh besar tersebut yang rencananya akan digelar hari ini, Kamis (27/7).

Baca Juga Prediksi Pilpres 2019: KIH Plus Melawan KMP Minus, Siapakah yang Akan Berjaya?

Partai Demokrat dinilai sudah sepaham dalam beberapa pandangan dengan PKS dan Gerindra. Kedua tokoh besar itu dijadwalkan bertemu di Cikeas, Jawa Barat. Belum jelas siapa yang akan mendampingi SBY ataupun Prabowo dalam pertemuan itu. Menurut Waketum Gerindra, Ferry Juliantono pertemuan kedua tokoh besar ini sangat bagus.

Pertemuan tersebut sekaligus membahas soal Pilpres 2019. Termasuk soal arah koalisi. Gerindra saat ii tengah memperkuat amunisi guna menghadapi Jokowi di kontestasi Pilpres 2019. Ini akan menjadi pertemuan resmi pertama sejak tahun 2014. Tahun 2017 mereka sempat bertemu sebentar di DPR saat pidato Raja Salman.

Baca Juga Gerindra Pesimis SBY Akan Dukung Prabowo di Pilpres 2019!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here