Ibu Hamil Dilarang Dekat dekat dengan Kucing?

0
549
Ibu Hamil
Copyright©disehat

Ibu Hamil Dilarang Dekat dekat dengan Kucing?

Indowarta.com – Ibu Hamil disarankan supaya tidak dekat-dekat dengan kucing karena banyak yang mengatakan akan terkena tokso. Pernyataan itu sering kali menghadirkan pertanyaan untuk ibu yang tengah mengandung karena belum tahu benar atau tidaknya mengenai hal tersebut.

Benar nggak sih ibu hamil akan kena tokso jika dekat sama kucing?

Sepertinya pernyataan tersebut memang benar karena kucing sering kali diaggap menularkan toksoplasma. Kucing dianggap kambing hitam yang bisa membawa bibit penyakit tersebut kepada ibu hamil.

Memang dibenarkan jika kucing membawa toksoplasma, namun sebenarnya penularan bibit penyakit ini dapat terjadi karena makan daging mentah. Bukan hanya itu saja sejumlah aktivitas yang bersentuhan langsung dengan tanah seperti berkebun juga bisa menjadi jalan masuk tokso ke tubuh manusia.

Ibu Hamil
Copyright©hellosehat

Bersentuhan dengan tanah menajdi jalan tokso masuk ketubuh itu memang benar kenyatannya. Pasalnya media tanah menjadi salah satu tempat tinggal yang nyaman bagi tokso dan di tanah mereka mampu bertahan hidup selama bertahun-tahun lamanya.

Dengan pernyataan tersebut bukan tidak boleh seorang Ibu Hamil berkebun. Namun alangkah baiknya para ibu hamil menggunakan sarung tangan plastik. Sarung tangan itu akan mencegah tokso hinggap ke tubuh karena tanah tak bersentuhan langsung dengan kulit.

Salah seorang dokter dari Universitas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga Dr drh Mufasirin, M.Si menyebutkan jika toksoplasma gondi yang memicu penyakit toksoplasmosis bukanlah sebuah virus. Tokso ialah sebuah protozoa yang berbeda perkembangan dan penyebarannya dengan protozoa pada umumnya.

Drh Mufsirin juga menambahan jika kucing bukanlah satu-satunya inang dari toksoplasma karena protozoa ini mempunayi dua inang yakni inang dendritif dan inang perantara. Sedangkan toksoplasma pada kucing biasanya dikeluarkan melaui kotoran dan bukan dari bulunya. Maka dari itu kalian supaya berhati-hati ketika membersihkan kotoran kucing.

Jadi untuk Ibu Hamil tak usah terlalu khawatir jika berdekatan dengan kucing ataupun menyentuh bulunya. Namun yang jadi perosalan kucing sering kali mengeluarkan fases di sembarang tempat dan itu akan mencemari rumput yang nantinya akan dimakan sapi dan hewan lainnya.

Tapi tenang saja ada saran supaya terhindar dari inferksi toksoplasma. Mulai dari mencuci buah dan sayur khusunya sayur untuk lalapan serta pastikan jika memasak daging matang menyeluruh. Untuk kalian yang sering memelihara kucing juga diperhatikan yakni mengenakan sarung tangan saat membersihkan kotorannya, mandikan kucing tiga kali dalam sebulan dan berikan makanan khusus untuk kucing.

baca juga : Berbagai Macam Cara yang Bisa Dilakukan Agar Jamaah Haji Terhindar Penyakit Kolera!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here