Menkominfo Hanya Inginkan 4 Operator Seluler di Indonesia!

0
273
Menkominfo
Copyrigth©liputan6

Menkominfo Hanya Inginkan 4 Operator Seluler di Indonesia!

Indowarta.com– Menteri Komunikasi dan Informatikan (Menkominfo) yakni Rudiantara telah menilai bahwa jumlah operator telekomunikasi di Indonesia ini idealnya hanya ada tiga  hingga empat pemain saja. Dengan adanya empat pemain saja, makan industri telekomunikasi ini akan menjadi lebih efisien dan juga tidak akan terus-terusan mengalami kerugian.

baca juga : Xiaomi Mi Note 2 Edisi Spesial Diluncurkan dengan Harga Lebih Miring!

Rudiantara ditemui di Jakarta pada hari Rabu 27 Juli 2017 ini telah mengatakan “Sebetulnya tidak ada riset soal itu, tapi menurut saya idealnya tiga sampai empat operator saja”. Pada saat ini Indonesia ini tercatat telah memilliki lebih dari lima operator telekomunikasi. Operator yang ada di Indonesia pada saat ini adalah Telkom, Telkomsel, Indosat, XL Axiata, Tri, Smartfren, Bolt, hingga Sampoerna Telekomunikasi.

Namun dari beberapa operator tersebut kini sudah berkonsolidasi. Sebut saja operator telekomunikasi Axis dengan XL, smart-mobile-8 (Fren) yang sudah melakukan merger pada tahun lalu. Setelah itu konsolildasi XL dengan Indosat yang akan membentuk perusahaan patungan untuk membangun jaringan.

rudiantara
Copyrigth©Elshinta

Rudiantara telah mengatakan bahwa demi terciptanya efisiensi, dirinya telah meminta kepada para operator telekomunikasi untuk saling berkonsolidasi. Metodenya bisa di dalam bentuk merger, akuisisi ataupun kerja sama jaringan.

baca juga : Xiaomi Redmi Note 5A Bocor Melalui Penampakan Berikut Ini!

Pria yang karib disapa Chief RA ini mengatakan “Mereka ingin cut loss. Saya sudah bilang kalau ingin kurangi cut loss, caranya konsolidasi. Kita bisa tingkatkan skala ekonomi. Artinya, operator punya bargaining power kepada vendor (jaringan), jadi beli barangnya murah”.

Bahkan dirinya sendiri telah menegaskan bahwa tidak akan ragu untuk bisa mencabut izin penyelenggara jaringan operator apabila mereka ini tidak mau untuk berkonsolidasi. Baik operator seluler maupun Broadband Wireles Acces (BWA) ini tidak akan pandang bulu mengenai pencabutan tersebut. Rudiantara mengatakan “Mau seluler atau BWA, sama saja, toh nanti arahnya ke teknologi netral”.

Seiring dengan berkembangnya teknologi smartphone pada saat ini tentu saja bisnis operator jaringan menarik bagi para investor. Banyak operator telekomunikasi yang telah menawarkan beberapa paket internet mereka dengan harga yang terbilang murah.

baca juga : 

Tiga Cara Ampuh Aplikasi Android Terinfeksi Malware!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here