Inilah Igor Ashurbeyli, Pendiri Negara Antariksa Asgardia!

0
446
Asgardia
Copyright©atlasobscura

Inilah Igor Ashurbeyli, Pendiri Negara Antariksa Asgardia!

Indowarta.com – Beberapa waktu terakir ini publik dunia dihebohkan dengan akan diadakannya Asgardia atau negara antariksa petama. Negara pertama di luar angkasa ini dimunculkan oleh tangan dingin seorang ilmuwan bernama Igor Ashurbeyli.

Ashurbeyli merupakan salah seoang ilmuwan komputer yang saat ini menginjak usia 53 tahun dan dia juga merupakan doktor dibidang komputer. Pria ini merupakan lulusan dari Zebaijan State Academy pada tahun 1985.

Tepatnya tiga tahun setelah lulus dari bangku kuliah Ashurbeyli mendirikan Socium atau sebuah perusahaan perangkat lunak dan konsultan dengan jumlah karyawan mencapai 10 ribu hingga sekarang. Kemudian pria ini memutuskan pindah ke Moskow pada tahun 1990 dan dia menjadi seorang tokoh besar di industri Rusia.

Bahkan pria ini dianugrahi oleh UNESCO medali penghargaan State Science and Technology Prize. Sekarang dia menjadi Ketua Komite Science of Space UNESCO setelah tiga tahun lalu berhasil mendirikan Aerospce International Reseach Center (AOIRC) di Wina, Austria.

Asgardia
Copyright©youtube

Lebih lanjut Ashurbeyli sendiri bukanlah seorang yang baru dalam sebuah industri luar angkasa. Dalam sebuah pernyataannya dia mengungkapkan jika Asgardia merupakan sebuah impian yang muncul difikirannya sejak kecil dan mimpi itupun telah terbentuk tahun lalu.

Pria 53 tahun ini mempelori negara yang akan ada di antariksa pertama kali di dunia. Negara antariksa ini pun langsung menarik perhatian dari penduduk dunia dan terutama warga Indonesia. Banyak warga Indonesia yang  ingin bergabung dan tinggal di antraiksa.

Jumlahnya pun juga tak sedikit tercatat hingga Rabu, 26 Juli 2017 warga Indonesia yang mendaftarkan diri untuk tinggal ke negara ini mencapai 6.505 orang. Nama Asgardia sendiri diambil oleh Ashurbeyli karena terinspirasi dari tempat tinggal seorang dewa bernama Dewa Thor.

Tercatat sebanyak 84 persen yang mendaftar di negara antariksa ini adalah laki-laki dan sisanya 16 persen merupakan perempuan. Sampai saat pendaftar sudah mencapai 275.246 orang dan pendaftaran masih dibuka.

Sementara itu informasi mengatakan jika pengelola Asgardia sendiri saat ini akan lebih ketat dan selektif dalam memilih warganya. Pihak pengelola tak akan memberikan warga negara untuk orang yang tak mau memberikan data diri mereka. Untuk satelit pertama Asgardia rencananya akan diluncurkan pada tahun ini.

baca juga : Heboh Di Berbagai Pemberitaan, Apa itu Asgardia?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here