Prabowo dan SBY Sepakat Uji Materi UU Pemilu Ke MK!

0
1161
UU Pemilu
Copyright©kompas

Prabowo dan SBY Sepakat Uji Materi UU Pemilu Ke MK!

Indowarta.com– Pertemuan Ketua Umum Partai Demokrat yakni Susilo Bambang Yudhoyono dengan ketua Umum Partai Gerindra yakni Prabowo Subianto yang telah diselenggarakan di Puri Cikeas Bogor ini pada akhirnya telah selesai sebelum larut. Kedua belah pihak ini telah sepakat mengkritisi mengenai pengesahan UU Pemilu yang berlangsung pada 20 Juli 2017 lalu dimana Gerindra dan Demokrat ini telah memutuskan untuk Walk Out dari ruang sidang.

Syariefuddin Hasan yang merupakan Wakil Ketua Umum partai Demokrat ini telah menyebutkan bahwa di dalam pertemuan tersebut kedua belah pihak sebenarnya telah bersepkaat akan mengajukan uji materi UU Pemilu ke Mahkamah Konsitusi. Syarief mengatakan “Tentu itu sudah menjadi keputusan kami untuk melangkah ke jenjang selanjutnya (MK)”.

WAJIB BACA :  Pasca 4 Tahun, Akhirnya SBY dan Megawati Akan Bertemu di Istana Merdeka Saat HUT RI Ke-72!

Syarief juga telah menyebutkan bahwa baik dari partai Demokrat maupun partai Gerindar ini sudah bersepakat untuk membicarakan rencana itu. Kedua partai ini telah memberikan penolakan mengenai UU Pemilu yang telah memberikan syarat bahwa calon presiden mendapatkan dukungan suara minimal 20 persen. Bahkan pada saat itu Prabowo sempat mengatakan bahwa UU Pemilu itu sama seperti halnya sebuah lelucon yang mencederai hati rakyat.

UU Pemilu
Copyright©merahputih

Kedua partai ini pun telah berharap agar nantinya akan ada partai lain yang juga berkepentingan terhadap UU Pemilu dan juga bergabung di dalam uji materi ke MK. Dua partai yang lainnya tersebut adalah kemungkinan PAN dan juga PKS yang selamam ini telah menolak UU Pemilu.

WAJIB BACA :  Bertemu, Apa yang Didiskusikan SBY dan Megawati?

Mengenai rencana gugatan ke Mahkamah Konstitusi, Syarief sendiri masih merasa enggan untuk membicarakan hal itu lebih jauh lagi. Lalu pada saat ditanyai bagiaman bila nanti judicial reiview ditolak? Syarief menjawab “Kami tidak membicarakan masalah MK, tapi apapun yang terjadi kami kembalikan kepada rakyat. Nanti rakyat yang akan menilai”.

Sebelumnya Prabowo sendiri telah memberikan kritik mengenai pengesahan UU Pemilu yang telah mensyaratkan presidential threshold sebesar 20 persen. Kritik dari Prabowo itu telah disampaikan pada saat menggelar pertemuan dengan SBY.

baca juga : 

Nasi Goreng Pedas ‘Panaskan’ Diplomasi SBY dan Prabowo!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here