Presiden Siap Luncurkan Vokasi Industri, Apa Itu?

0
268
Vokasi Industri
Copyright©antarajatim

Presiden Siap Luncurkan Vokasi Industri, Apa Itu?

Indowarta.com– Presiden Joko Widodo ini akan meluncurkan pendidikan vokasi industri. Peluncuran ini akan dilakukakn oleh PT. Astra Otoparts, kawasan Greenland Industrial Center Deltamas, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat pada hari Jumat 28 Juli 2017.

baca juga : Dinilai Tak Loyal dengan Koalisi Pemerintah, PAN Malah Tuding Balik PDIP Bandel ke Jokowi!

Hal ini merupakan implementasi Kementerian Perindustrian yang tengah berupaya untuk meningkatkan lagi peran pendidikan kejuruan dan juga mengenai vokasi di dalam menunjang penyediaan tenaga kerja agar sesuai dengan kebutuhan di dalam dunia industri ini. Di dalam penandatanganan nota kesepahamana atau Memorandum of Undestanding (MoU) lima menteri tentang pengembangan pendidikan kejuruan dan okasi berbasis kompetensi yang link and match dengan Industri ini Kementerina Perindustrian telah menjadi tuan rumah.

MoU yang sudah berlangsung pada hari Selasa 26 November 2017 kemarin. Sebanyak lima menteri telah menandatangai MoU tersebut. Lima menteri tersebut adalah Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartato, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Hanif Dhakiri, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno dan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Muhamad Natsir.

Vokasi Industri
Copyright©okezone

Menteri Perindustrian yakni Airlangga Hartato ini telah menyebutkan bahwa MoU ini merupakan salahs atu tindak lanjut dari Instruksi Presiden Nomor 9 tahun 2016 mengenai revitallisasi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

baca juga : Setya Novanto Ditetapkan Jadi Tersangka, Golkar Tetap Dukung Jokowi!

Hal ini telah dilakukan dalam rangka untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang telah dimiliki oleh Indonesia. Selain itu penandatanganan MoU ini juga merupakan salah satu implementasi dari arahan Presiden Joko Widodo pada saat rapat terbatas mengenai pendidikan dan juga pelatihan vokasi industri.

Airlangga mengatakan “Untuk mewujudkan itu perlu dibangun komitmen bersama seluruh pemangku kepentingan, khususnya kementerian terkait untuk mendorong dan memfasilitasi terwujudnya link and match pendidikan dengan industri”.

Tidak hanya itu saja, agar bisa menghadapi era industri pada saat ini yang telah melilbatkan juga unsur digital di dalam setiap rental nilai proses manufaktur, maka para pekerja ini telah dituntut untuk bisa melakukan adaptasi terhadap perkembangan teknologi ini. Arilangga menuturkan ” Kerja sama dan dukungan industri juga menjadi faktor penting terselenggaranya pendidikan kejuruan dan Vokasi Industri yang mampu beradaptasi dengan kebutuhan dunia kerja”.

baca juga : 

PDIP Berikan Pembelaan Soal Jokowi Disebut Bak Macan Ompong!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here