Ada Aksi 287, MK Tegaskan Tak Bisa diintervensi Massa!

0
288
Aksi 287
Copyright©detik

Ada Aksi 287, MK Tegaskan Tak Bisa diintervensi Massa!

Indowarta.com – Massa dari presidium alumni 212 dalam Aksi 287 dari Masjid Istiqlal akan bergerak menuju gedung Mahkamah Konstitusi (MK). Massa akan menyampaian aspirasi mereka untuk menolak Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomer 2 tahun 2017.

Menurut Wakil Ketua Presidium Alumni 212 Hasri Harahap menyampaikan jika aksi 287 ini akan berjalan dengan super aman. ‘Aksi akan berlangsung hari ini (Jumat, 28 Juli 2017) dan akan berlangsung aman serta super damai’ ujarnya saat ditemui di Jalan Silang Monas Barat Daya, Jakarta Pusat pada Jumat, 28 Juli 2017.

Hasri menambahkan bahwa aksi demokrasi ini rencananya akan dipimpin oleh Amien Rais. Dia juga mengugkapakan jika sejumlah perwakilan akan dikirim ke MK dengan jumlah sekitar 10 orang yang terdiri dari Ketua Presideium, Sekertaris Presidium, advokat dan ulama.http://indowarta.com/tag/mk/

Hasri menambahkan jika massa akan berkumpul di Masjid Istiqlal untuk menunaikan shalat Jumat terlebih dahulu. Setelahnya pengunjuk rasa akan melakukan longmarch menuju MK dan titik kumpul sendiri akan berpusat di sekitar patung kuda. Rute yang akan dilewati yakni massa akan bergerak melewati pintu Monas Medan Merdeka Utara lalu melaui Pintu Barat Laut untuk masuk ke Monas dan keluar melalui Pintu Barat Daya.

Copyright©megapolitan

Terkait Aksi 287 ini juga membuat Juru Bicara Mahkamah Konstitusi, Fajar Laksono angkat bicara. Dia mengatakan jika MK menghargai siapapun yang datang untuk menyampaikan aspirasinya. Namun meskipun begitu menurutnya masyarakat perlu memahami sebagai lembaga peradilan jika MK tak bisa diintervensi oleh siapa pun.

‘Kami akan hargai siapapun yang datang ke MK untuk menyampaikan aspirasinya. Namun MK akan bersikap sesuai dengan kewenangn konstisional tidak kurang dan tidak lebih’ ujarnya saat dihubungi Kamis malam, 27 Juli 2017.

Fajar juga menambahkan jika apapun yang terjadi di luar persidngan tidaka akan berpengaruh terhadap penanganan perkara MK. Sebab hakim konstitusi sendiri telah mengucap sumpah untuk bersikap independen dalam penanganan sebuah perkara.

Sementara itu Aksi 287 ini dilatarbelakangi oleh Perppu Ormas yang membubarkan organisasi Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) dan melarangnya untuk berada di Indonesia. Sedangkan untuk mengatasi aksi demonstrasi ini Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwowo mengaku telah menyiapkan sekitar 10 ribu personel. Aksi ini sendiri diperkirakan akan diikuti sebanyak 5000 orang dari sekitar wilayah DKI Jakarta.

baca juga : Aksi 287 Tolak Perppu Ormas Akan Diikuti 5000 Orang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here