Alasan Utama Kenapa Hanya Dokter yang Boleh Pasang Kawat Gigi!

0
587
Kawat Gigi
Copyright©dionella

Alasan Utama Kenapa Hanya Dokter yang Boleh Pasang Kawat Gigi!

Indowarta.com– Beberapa tahun terakhir ini kawat gigi sempat menjadi tren. Sebagian dari mereka pun telah menggunakan kawat gigi hanya untuk gengsi semata. Lalu juga tidak jarang yang memasang kawat gigi melalui jasa tukang gigi. Padalah yang berwenang untuk memasang kawat gigi ini hanyalah dokter gigi saja.

baca juga : Menurut Ilmuwan, Begini Lho Cara Masak Ayam Goreng Secara Sempurna!

dokter gigi Diono Susilo kala ditemui usai konferensi pers Indonesia Dental Exhibition & Conference (IDEC) beberapa waktu lalu di kawasan Senayan, Jakarta telah mengatakan “Tukang gigi hanya dilegalkan membuat gigi tiruan lepasan, itu saja”.

Dibutuhkan berbagai pertimbangan seperti usia, ukurang gigi h ingga perhitungan pertumbuhan tulang sebelum memasang kawat gigi. Diono mengatakan bahwa setiap gigi ini mempunyai ukurannya masing-masing. Ada yang pasang kawatnya pukul rata yang akhirnya membuat susunan gigi malah jadi berantakan.

Kawat Gigi
Copyright©klinikjoydental

Akibat dari susunan gigi yang berantakan ini adalah akan menimbulkan kesulitan pada saat pengunyahan nanti. Lalu dampak yang ditimbulkan yang lainnya adalah gigi akan tumbuh ke arah samping. menurut Diono, untuk waktu yang tepat untuk memasang gigi adalah pada saat masih berusia dibawah 18 tahun.

Selain itu Diono juga telah mengingatkan bahwa fungsi dari kawat gigi ini tidak hanya untuk estetika semata. Diono mengatakan bahwa fungsi dari kawat gigi yang sebenarnya ini adalah untuk meratakan gigi dan juga untukk memperbaiki fungsi pengunyahan.

baca juga : Jangan Anggap Sepele, Inilah Rubella, Penyakit Menular yang Intai Janin!

Penggunaan kawat gigi ini akan bisa membantu untuk meningkatkan kesehatan gigi. Dengan susunan gigi yang tertata rapi, maka akan mengurangi resiko tempat penumpukan plak dan sisa makanan yang akan bisa menyebabkan penyakit gigi ataupun mulut.

Selain itu susunan gigi yang tidak rata nantinya juga akan menyebabkan makanan tidak bisa dikunyah degnan sempurna. Dalam jangka panjang, hal ini nantinya akan bisa menyebabkan masalah pencernaan. Lalu susunan gigi yang tidak rata nantinya juga akan berpengaruh terhadap kejelasan seseorang berbicara. Susunan gigi yang rapi akan membuat bicara lebih jelas dan juga mudah dimengerti.

baca juga : 

3 Manfaat Mentimun Untuk Kecantikan Mata!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here