Jika Stok Obat di RS Kosong, Pasien BPJS Kesehatan Harus Bagaimana?

0
414
Copyright ©blogspot

Jika Stok Obat di RS Kosong, Pasien BPJS Kesehatan Harus Bagaimana?

Indowarta.com – Badan Penyelengaraan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan kini menjadi salah satu bagian penting untuk masyarakat. Namun sering kali stok obat kosong dialami oleh peserta Jaminan Kesehatan Nasional yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan.

Sering kali apotek rumah sakit tempat pasien BPJS Kesehatan dirawat menyatakan obat tidak tersedia. Lalu jika mengalami kejadian semacam itu bagaimana? Apa yang harus dilakukan oleh pasien BPJS Kesehatan supaya mendapatkan obat?.

Jangan khawatir jika menemui kejadian stok obat kosong atau tidak tersedia langsung laporkan ke petugas. Laporkan ke petugas BPJS Kesehatan yang menjaga loket rumah sakit itu yakni kepada petugas Care Center 1500-400, Natalia.

Seperti diketahui jika pasien yang mengalami kejadian kehabisan obat di apotik rumah sakit tidka tau apa yang dilakukan. Mereka sering kali kebingungan dan justru akan lari ataupun pergi ke apotik di luar rumah sakit untuk membeli obat tersebut.

BPJS Kesehatan
Copyright©tribunpontianak

Namun Natalia mengatakan agar segera menginformasikan ke petugas BPJS Kesehatan jika obat kososng atau tidak tersedia dirumah sakit dimana pasien BPJS Kesehatan sedang berada. Petugas nantinya akan melakuakan pengecekan ke rumah skait lain yang masih meneydiakan obat yang diminta dan petugas pun segera mengirimkan obat yang diminta.

‘Jika kejadian obat kosong atau tidak tersedia segera hubungi petugas BPJS Kesehatan melalui Care center 1500-400. Petugas nantinya akan menanyakan obat itu ke rumah sakit lain yang masih tersedia. Kemudian petugas akan segera merujuk obat yang dibutuhkan tersebut’ ujar Natalia pada Jumat, 28 Juli 2017.

Perlu diperhatian ketika mendatangi petugas Care Center 1500-400 Anda membawa persyaratan yang dibutuhkan. Persyaratan tersebut diantaranya Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) BPJS Kesehatan dan resep obat yang dibutuhkan.

Natalia menambahkan jika sudah mendapatakan obat atau obat tersebut sudah dirujuk pihak rumah sakit tidak perlu membayar. Hal tersebut karena obat yang diminta sudah ada persetujuan BPJS Kesehatan Center.

Selain itu jika mnedapati obat kosong dirumah sakit, obat juga bisa didapatkan dari apotek yang sudah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan. Namun jika ke apotik harus sesuai dengan ketentuan yang ada dan petugas rumah sakit akan mengarahkan mengenai apa yang harus dilakukan.

baca juga : Syarat dan Cara Daftar BPJS Kesehatan yang Musti Anda Kuasai!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here