Mengenal Gejala Dan Cara Menangani Kanker Tiroid, Jenis Penyakit yang Sempat Dialami Rachel Amanda!

0
464
kanker Tiroid
Copyright©merdeka

Mengenal Gejala Dan Cara Menangani Kanker Tiroid, Jenis Penyakit yang Sempat Dialami Rachel Amanda!

Indowarta.com – Penyakit Kanker Tiroid yang sempat diamai oleh pesinetron Rachel Amanda ini sering kali terjadi dan menyerang segala usia. Kelenjar Tiroid sendiri sering disebut sebagai kelenjar gondok. Kelenjar tiroid ini merupakan kelenjar endokrin terbesar tubuh dan penghasil hormomn tiroksin dan tridotiroin.

Fungsi kelenjar ini untuk meningkatkan metabolisme tubuh, mengatur metabolism gizi, membantu pertubuhan syaraf dan membantu menghasilkan panas. Namun Tiroid sendiri merupakan salah satu bagian tubuh yang sering mengalami masalah.

Masalah yang sering kali terjadi yakni kelebeihan hormon tiroid (hipertirodisme) dan kekurangan hormon tiroid (hipotiroidisme). Kemudian yang menjadi masalah paling kompleks yakni Kanker Tiroid yang tidak banyak diketahui gejala awalnya oleh hampir seluruh manusia.

WAJIB BACA :  Ciri Ciri Kanker Lidah yang Sering Sekali Diabaikan!

Kanker ini tidak meiliki gejala pada awal pertumbuhannya karena pertumbuhan sel kanker terbilang lambat. Ada juga dari beberapa orang yang mengira benjolan pada Tiroid itu ialah kanker dan kasus adanya benjolan ini sering kali dialami oleh penduduk Indonesia.

kanker Tiroid
Copyright©kanker

Memang Kanker Tiroid tak menimbulkan gejala khusus pada awal kemunculannya. Namun ada dari beberapa penderita kanker ini mengalami sakit pada bagian tenggorokan, susah menelan,suara serak, rasa sakit dileher dan merasakan sesak nafas.

Bukanhanya itu saja bahkan pada sejumlah penderita juga disertai dengan pembesaran kelenjar getah bening di again leher dan mereka tak merasakan rasa nyeri sedikitpun. Menurut pakar endokrin Dr. Dante Saksono Herbuwono mengatakan jika kelompok orang yang memiliki resiko lebih tinggi terkena kanker ini yakni orang yang memiliki riwayat kanker tiroid dikeluarganya.

WAJIB BACA :  Ciri Ciri Kanker Lidah yang Sering Sekali Diabaikan!

Kanker yang menyerang kelenjar tiroid ini lebih banyak dialami oleh kaum wanita dibandingkan pria dan biasanya terjadi pada usia 40 hingga 50 tahun. Dante mengatakan cara mendeteksi kanker ini bisa dengan menggunakan cara melihat ada atau tidaknya benjolan di kelenjar tiorid.

Jika benjolan cukup besar akan terlihat dengan jelas di leher dan bisa diketahui dengan merabanya. Kemduian cara lain yakni dengan melakuan USG Tiroid yang merupakan salah satu pemeriksaan penunjang yang dapat dilakukan jika mencurigai benjolan di kelenjar tiroid.

Selain itu pemeiksaan lain yang dapat dilakukan untuk mengatahui Kanker Tiroid ini dengan biopsy aspirasi jarum halus. Namun tindakan yang paling mudah dilakuan yakni USG untuk mengatahui kanker itu jinak atau ganas. Jika ganas langkah yang dilakukan yakni operasi pengangkatan seluruh kelenjar tiroid.

baca juga : Awas. .Gigi Ngilu Bisa Berakibat Buruk Bagi Aktivitas Anda Lho!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here