Mengungkap Permasalahan Pelik Soal Al Aqsa dan Permasalahan Israel dan Palestina!

0
379
Al Aqsa
Copyright©liputan6

Mengungkap Permasalahan Pelik Soal Al Aqsa dan Permasalahan Israel dan Palestina!

Indowarta.com – Al Aqsa kini tengah memanas karena penembakan yang terjadi hari Jumat, 14 Juli 2017 tepatnya di Kota Tua Yerusalem. Dalam kejadian itu dua aparat kepolisian tewas demikian pula tiga orang pelaku dan peristiwa itu mengakibtakan salat Jumat dibatalkan karena situs suci masjid Al Aqsa ditutup.

Penutupan Al Aqsa tersebut berlanjut dengan pemasangan metal detactor yang dilakukan oleh pihak Israel. Lantas kebijakan itulah  yang memicu demonstrasi besar dari umat muslim Palestina dan aksi tersebut berujung kericuhan dengan aparat kepolisian Isralel. Bentrokan tersebut membuat 50 orang terluka dan empat diantaranya ialah petugas medis.

Tercatat lima orang mengalami luka kerena terembak peluru karet oleh polisi Israel. Kemudian pada akhirnya Israel pun memutuskan untuk membongkar instalasi keamanan. Total kondisi memanas anatara warga Palestina dengan Israel ini berlangsung selama 10 hari lamanya.

Setelahnya kondisi kondusif pun mulai tercipta secara berkelanjutan di Kota Tua Yersualem. Sejumlah media pun berhasil mewawancarai beberapa ahli dan penduduk terkait seberapa signifikannya Yerusalem untuk Islam dan Yahudi. Sedangkan beberapa hal yang menjadi akar masalah Israel-Palestina pun juga dijelaskan oleh mereka.

Al Aqsa
Copyright©liputan6

Pertama akar permasalahan karena kompleks Al-Haram Asy-Syarif ini yang terbentang seluas 37 hektar memang didalamnya terdapat situs suci Al Aqsa. Kota ini berada di daratan tinggi Yudea yang menjadi kota suci tiga agama yakni Islam, Kristen dan Yahudi. Yahudi menyebut kota tersebut dengan nama Temle Mount dan konflik sendiri ternyata sudah terjadi selama berabad-abad lamanya.

Kemudian area Temple Mount atau Bait Suci sangat penting bagi umat Yahudi karena dipercaya tempat Nabi Abraham mengorbakan anaknya Isak kepada Tuhan. Area tersebut diyakini oleh mereka sebagai tempat yang diciptakan pertama kali di dunia oleh Tuhan. Bahkan saking sucinya Yahudi tak berani menginjak kaki dan berjalan di bait suci karena takut akan merusak kesuciannya.

Sedangkan umat Islam percaya jika Al Aqsa dulunya ialah tugu batu yang dibangun oleh Nabi Yakub dan Nabi Sulaiman. Dalam Al-Quran sendiri dituliskan jika Nabi Muhammad naik ke surga terlebih dahulu melakukan perjalanan dari Mekkah ke Al Aqsa. Dulunya umat islam menjaidkan tempat tersebut sebagai kiblat saat salat sebelum diganti oleh Mekkah.

Sedangkan konflik Israel dan Palestina sendiri menurut Prof Yitzhak Reiter dari Universitas Ibrani mengatakan kerena penyampaian aspirasi yang berbeda antara umat muslim dan Yahudi. Menurtnya muslim Palestina menganggap mereka ialah penjaga masjid Al Aqsa. Sedangkan umat Yahudi sejak mereka kembali ke Israel menganggap diri mereka ialah umat yang kembali ke Zion yang pusatnya di Bait Suci.

baca juga : Tekad Kuat Menlu Berikan Bantuan Untuk Al Aqsa dan Palestina!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here