Ini Balasan Jokowi Soal Kritikan SBY dan Prabowo!

1
5667
jokowi
Copyright©okezone

Ini Balasan Jokowi Soal Kritikan SBY dan Prabowo!

Indowarta.com – Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto dan ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kompak mengkritik pemerintahan Jokowi. Kritikan itu keduanya sampaikan dalam jumpa pers, usai menggelar pertemuan tertutup di kediaman SBY, di Cikeas, Bogor, Kamis (27/7) malam.

Kedua tokoh parpol itu kompak menilai ada yang salah dari pemerintahan Jokowi. Salah satunya mengenai UU Pemilu. SBY dan Prabowo nsama-sam tak sependapat dengan UU Pemilu yang baru disahkan itu.

SBY menyatakan bersama Prabowo akan membuat gerakan moral guna mengawasi pemerintahan Joko Widodo. Menurutnya, gerakan moral diperlukan mana kala perasaan rakyat kecil dicederai. Artinya jika aspirasi tak lagi didengarkan oleh pemimpin, wajib hukumnya mereka mengingatkan dan memberi koreksi.

WAJIB BACA :  Bagaimana Kelanjutan program Revolusi Mental Pak Jokowi?

Presiden keenam RI itu juga menegaskan, gerakan moral itu bakal dilakukan secara beradab, yakni bertumpu dengan nilai-nilai demokrasi dan tidak akan pernah merusak negara. Selain itu ia juga menyatakan kekhawatirannya jika penguasa sampai melampaui batas akan abuse of power atau menyalahgunakan kekuasaan.

SBY
Copyright©detik

Tak kalah keras, Prabowo bahkan mengingatkan pemerintahan Jokowi untuk tidak memaksakan kehendak, termasuk dalam hal melanggengkan kekuasaan.

Pernyataan Prabowo ini tentu berkaitan dengan revisi Undang-undang Pemilu, salah satunya soal ambang batas pencalonan presiden 20 persen yang didukung partai koalisi pemerintah. Tak hanya itu, ia juga menyebut ambang batas pencalonan presiden atau presidential threshold 20 persen adalah lelucon politik.

WAJIB BACA :  Penjelasan Prabowo Soal Gerindra Buat Sayap Purnawirawan!

Jokowi pun akhirnya merespon kritikan kedua tokoh politik itu. soal pernyataan SBY agar penguasa tak melampaui batas agar tidak menyalahgunakan kekuasaan itu dinilai sangat berlebihan. Ia menegaskan sebagai kepala Negara tak pernah membuat kebijakan yang main sendiri.

Presiden ketujuh RI ini juga mengatakan apabila DPR menyetujui Perppu disahkan, dirinya mempersilahkan bagi yang menolak untuk mengajukan uji materi ke Mahkamah Konstitusi. Ia menegaskan tak pernah melarang siapa pun untuk menggugat suatuproduk yang menjadi usulan pemerintah.

Soal presidential threshold yang dinilai seperti lelucon politik, Jokowi heran ambang batas yang telah disahkan dalam UU Pemilu itu diributkan. Sebab, ambang batas telah digunakan pada dua kali Pemilu sebelumnya dan taka da yang meributkan seperti saat ini.

WAJIB BACA :  Prabowo Benarkan Punya Ambisi Menjadi Presiden Indonesia!

Ia mengklaim ambang batas itu semata-mata demi kemajuan politik dalam negri jangka panjang. Ia juga menyindir ada pihak yang dulu mendukung ambang batas 20 persen tapi sekarang malah menolak.

Baca Juga Prabowo dan SBY Sepakat Uji Materi UU Pemilu Ke MK!

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here