Ini Alasan Fadli Zon Tolak Rencana Redenominasi Rupiah Oleh Bank Indonesia!

0
733
Fadli Zon
Copyrigth©tmpo

Ini Alasan Fadli Zon Tolak Rencana Redenominasi Rupiah Oleh Bank Indonesia!

Indowarta.com – Beberapa waktu lalu Bank Indonesia (BI) dan pemerintah kembali akan menggulirkan rencana baru terkait uang rupiah. BI yang berkoordinasi dengan pemerintah rencananya akan melakuan rekomendasi terhadap rupiah.

Terkait rencana rekomendasi rupiah ini pun membuat Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Fadli Zon angkat bicara. Dia mengatakan jika isu yang telah beredar ini tak mempunyai ugensi sama sekali atau pernyataan ini dianggap mendesak karena Indonesia masih dalam keadaan kesulitan ekonomi.

Fadli Zon menuturkan jika syarat melakukan rekomendasi rupiah sendiri bukan hanya dari indikatr makro ekonomi namun yang terpenting ialah kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah. ‘Syarat terjadinya rekomendasi rupiah sendiri tak hanya dilihat dari indikator marko ekonomi. Tak hanya pula melihat dari indikator yang dikemukaan oleh BI ataupun menko Ekonomi. Namun yang paling utama ialah kepercayaan publik terhadap pemerintah’ ujarnya saat ditemui pada Sabtu, 29 Juli 2017.

Dia menambahkan jika selama ini kebijakan ekonomi dinilai masih belum kredibel atau pemerintah sering melakukan perubahan terkait hal tersebut. Fadli mencontohkan yakni ketika adanya ancaman Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani. Saat Sri mengancam menyandera 5.000 perserta tax amnesty pada waktu lalu.

Fadli Zon
Copyright©gatra

Fadli Zon juga menuturkan jika kebijakan dilakukannya rekomendasi rupiah tak akan dipercayai oleh publik dan pelaku ekonomi lainnya. Maka dari itu penting sekali untuk mendapat dukungan dari pihak Kamar Dagang dan Industri Indoensia (KADIN), pelaku bursa dan pelaku ekenomi lainnya.

Dia mengungkapakan jika rekomendasi sendiri bukan hanya berkaitan dengan kepercayaan publik dan juga kredibilitas pemerintah. Fadli menuturkan jika kesuksesan rekomendasi sering kali dilakukan oleh negara-negara kecil serta wilayahnya sempit seperti di negara Bulgaria ataupun Turki yang wialayah negaranya tak besar seperti Indoneisa.

‘Kebijakan rekomendasi ini banyak berhasil di negara kecil dan wilayahnya sempit. Sedangkan untuk negara yang jumlah penduduk banyak serta luas tentu saja akan kesulitan bahakan gagal menerapkan kebijakan ini’ sambungnya.

Fadli Zon mengungkapakn jika kebijakan rekomendasi rupiah akan berhasil tergantung pada kinerja pemerintahan. Jika pemerintah dipercaya oleh publik dan menjaga dengan baik perekonomian nasional tentunya kebijakan ini akan berjalan.

Baca Juga : Ditanya Jokowi Soal Nanti Besar Mau Jadi Apa, Jawaban Bocah Ini Bikin Ngakak!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here