Inilah Potret Keindahan Simpang Susun Semanggi yang Resmi Diujicobakan!

0
2060
Copyright©Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR

Inilah Potret Keindahan Simpang Susun Semanggi yang Resmi Diujicobakan!

Indowarta.com Simpang Susun Semanggi secara resmi dbuka oleh Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat. Djarot menjadi orang pertama yang melintasi jembatan yang dibuat guna mengurai kemacetan di kawasan Semanggi, Jakarta.

Pengoperasian itu menyusul diserahkannya Sertifikat Layak Fungsi (SLF) dari Kementerian pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kepada Djarot. Kini jembatan tersebut telah dioperasikan dan dapat digunakan oleh masyarakat.

Diketahui, sebelum mobil yang ditumpangi Djarot melintas, mantan Wali Kota Blitar itu mengajak media untuk melihat secara langsung Simpang Susun Semanggi.

Djarot membawa serta sang istri, Happy Farida, yang terlihat menikmati jalan santai di atas jembatan tersebut. sesekali mata Djarot dan sang istri tertuju pada lampu-lampu warna warni yang ada di sisi jembatan.

SS Semanggi
Copyright©Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR

Sesekali Djarot berhenti dan berbincang santai dengan sang istri sembari melihat mecetnya ibu kota dari atas jembatan. Pancaran sinar lampu dari kendaraan bermotor dan lampu jalan, serta gedung-gedung menambah indah pemandangan dari atas Simpang Susun itu.

Marka jalan di sisi kanan, tengah dan kiri terlihat masih putih dan lengket saat diinjak. Petunjuk jalan di kanan kiri serta mata kucing yang menempel di pinggir jembatan diharapkan menambah aman pengendara saat melintas.

Rencananya, jembatan ini akan diresmikan langsung oleh Presiden Jokowi pada 17 Agustus 2017 mendatang.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjelaskan, sebelum SLF diserhkan, Kementerian PUPR telah menerima rekomendasi dari Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ), yang menyatakan Simpang Susun Semanggi dapat dioperasikan dengan aman.

Sebelum SLF diterbitkan, SS Semanggi telah menjalani serangkaian tes mulai uji beban static hingga dinamik. Hasil ters menyatakan struktur dalam stabilitas yang baik serta memenuhi defleksi yang diizinkan.

Untuk jangka panjang Dinas Bina Marga Provinsi DKI Jakarta perlu melakukan tes uji teknis pada lokasi jembatan yang lain guna menjamin keamanan dari jembatan di masa yang akan datang.

Pekerjaan pembangunan jembatan SS Semanggi ini menelan biaya sebesar Rp 360 miliar dan dikerjakan oleh PT Wiajaya Karya. Pekerjaan ini rampung lebih awal dari yang telah diperkirakan.

Baca Juga Pembangunan Simpang Susun Semanggi Karena Keberanian Ahok!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here