14 Ribu Jemaah Haji Indonesia Tiba di Madinah Hari Ini!

0
283
jemaah haji Indonesia
Copyright ©Berita Jatim

14 Ribu Jemaah Haji Indonesia Tiba di Madinah Hari Ini!

Indowarta.com – Gelombang pertama kedatangan Jemaah haji Indonesia ke Madinah terus berlangsung. Hingga hari keberangkatan ketiga, Minggu 30 Juli 2017, total sudah ada 14 ribu Jemaah yang tiba dan menempati pemondokan di sekitar Masjid Nabawi.

Menurut keterangan yang diberikan oleh Kepada Daerah kerja (Kadekar) Bandara, Arsyad Hidayat, sebanyak 35 kloter telah mendarat di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz Madinah. Data tersebut dirangkum per pukul 19.00 Waktu Arab Saudi atau sekitar pukul 23.00 WIB.

Dijadwalkan malam ini waktu Arab Saudi akan ada 18 kloter yang akan mendarat di Madinah. Mereka berasal dari 9 emberkasi, yakni Balikpapan, Batam, Jakarta-Bekasi, Jakarta-Pondok Gede, Solo, Surabaya, Makassar, Medan, dan Padang.

Baca Juga Garuda Indonesia Siapkan 14 Pesawat Untuk Melayani Jemaah Haji Indonesia Tahun 2017!

Emberkasi Jakarta-Bekasi dan Surabaya tercatat telah memberangkatkan kloter sebanyak, yakni 4 kloter. Keberangkatan pertama haji pada Jumat (28/7). Sempat terganggu lantaran runway di Bandara Halim Perdanakusuma rusak. Alhasil, satu kloter tertunda dan baru diberangkatkan keesokan harinya, Sabtu (29/7).

jemaah haji Indonesia
Copyright ©detik

Sementara itu, ada sedikit masalah di tengah gelombang kedatangan Jemaah haji Indonesia di Madinah, hal itu lantaran barang bawaan Jemaah. Ada yang membawa jamu hingga obat-obatan berlebihan.

Arsyad Hidayat mengatakan, hingga hari ketiga keberangkatan Jemaah haji Indonesia pada Minggu (30/7), tercatat ada beberapa kasus barang bawaan Jemaah. Terakhir, ada yang membawa obat dalam jumlah yang sangat banyak.

Arsyad pun mengimbau Jemaah agar tidak membawa obat, makanan, atau barang apapun dalam jumlah yang berlebih. Pasalnya hal itu dapat memancaing kecurigaan petugas imigrasi. Pihak Saudi juga memberlakukan atuaran yang sangat ketat terhadap barang bawaan Jemaah. Apalagi menyangkut obat-obatan.

Baca Juga Siap Siap, Jamaah Haji Tahun 2017 Akan Berada di Dalam Suhu Ekstrem!

Arsyad berharap, ke depan hal seperti itu tak terjadi lagi lantaran sangat mengganggu. Saat semua Jemaah haji Indonesia sudah keluar dari terminal haji, petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) justru tertahan lantaran harus mengurus barang bawaan bermasalah.

Tentu hal itu sangat disayangkan. Padahal sebelumnya telah diberikan peringatan agar tidak membawa obat, makanan, maupun barang yang berlebihan yang dapat memancing kecurigaan. Diharapkan hal ini tidak akan terjadi lagi kedepannya.

Baca Juga Jemaah Haji Indonesia Langsung Disambut dengan Fasilitas Baru!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here