Berbagai Fakta menarik Soal Simpang Susun Semanggi yang Perlu Kamu Ketahui!

0
190
Simpang Susun Semanggi
Copyright©Kumparan

Berbagai Fakta menarik Soal Simpang Susun Semanggi yang Perlu Kamu Ketahui!

Indowarta.com – Pembangunan di Ibu Kota Jakarta sepertinya tidak ada habisnya dan yang terakhir proyek interchange atau Simpang Susun Semanggi. Proyek ini kini sudah siap di lewati kendaraan warga Jakarta setelah dikebut pengerjaannya sejak 2016 lalu.

Keberadaan Simpang Susun semanggi ini diharapakan dapat mengatasi kemancetan yang sering sekali terjadi di Ibu Kota khususnya wilayah Semanggi. Diperkirakan wilayah menjadi titik kemancetan hingga 30 persen karena menjadi titik pertemuan arus kendaraan dari berbagai arah. Maka dari itu kemancetan sering kali terjadi waktu pagi, sore hingga malam hari.

Namun keberadaan bangunan besar di tengah Kota Jakarta ini justru menjadi perhatian tersendiri. Beberapa fakta menarik pun juga menghinggapi dalam pembangunan proyek yang satu ini. Dan berikut merupakan fakta-fakta unik dibalik pembangunan Simpang Susun Semanggi.

WAJIB BACA :  Pengendara Masih Sering Keliru Saat Lintasi Simpang Susun Semanggi!

Fakta pertama terkait nama yang dipakai utnuk proyek ini yang menjadi perundingan Pemerintah Provinsi (Penprov) DKI Jakarta. Ada dua usulan kala itu yakni Simpang Susun Semanggi dan Simpang Baja Semanggi. Namun Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengaku lebih setuju dengan usulan Basuki Thahaja Purnama alias Ahok yakni Simpang Susun Semanggi.

simpang susun semanggi
Copyrigth©poskokota

Jembatan ini sendiri mempunyai sejarah panjang karena dibangun di atas inisiasi Presiden pertama Republik Indonesia, Ir Soekarno. Jembatan penghubung ini pun dibangun dengan bentuk yang unik karena mirip dengan daun semanggi.

Kemudian mengenai desain juga terbilang unik yakni jalan laying Non-Tol (JLNT) dengan panjang jalan 1.622 meter ini menjadi yang pertama di Indonesia. Proyek jalan ini menjadi yang pertama di tanah air dengan pemakaian bentang terpanjang di atas tol dalam kota secara full precast melengkung (hiperbolik).

WAJIB BACA :  Pengendara Masih Sering Keliru Saat Lintasi Simpang Susun Semanggi!

Ada lagi yakni proyek yang digagas oleh Ahok ini tidak menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBD). Ahok mejelaskan jika pemegang tender proyek senilai Rp 360 miliyar itu ialah perusahaan plat merah Badan Usaha Milik Negra (BUMN) PT Wijaya Karya (Tbk).

Selanjutnya kehadiran Simpang Susun Semanggi bisa dikatakan sebagai hadiah Hari Kemerdekaan RI. Proyek ini sudah diuji coba tanggal 28 Juli 2017 lalu dan akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo beretepatan dengan hari kemerdekaan RI 17 Agustus 2017 mendatang.

Kemudian fakta yang terakhir yakni jika pembangunan proyek ini masih menyisakan uang sekitar Rp 200 juta dari keseluruhan anggaran Rp 500 juta. Djarot menuturkan jika sisa uang itu nantinya akan digunakan untuk membuat trotoar dan ducting disekitar area proyek tersebut.

baca juga : Pembangunan Simpang Susun Semanggi Karena Keberanian Ahok!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here