Mulai 1 Agustus Besok, TKI Akan terlindungi BPJS Ketenagakerjaan!

0
199
BPJS Ketenagakerjaan
Copyright©finansial

Mulai 1 Agustus Besok, TKI Akan terlindungi BPJS Ketenagakerjaan!

Indowarta.com – Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) bekerjasama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan meluncurkan program baru. BPJS Ketenagakerjaan meluncurkan program transformasi untuk perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

Dengan diberikannya progam ini oleh BPJS Ketenagakerjaan tentunya akan melindungi para TKI yang bekerja di luar negeri hingga nantinya kembali ke Indonesia. Mengenai hal ini juga disampaikan oleh Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Agus Susanto.

Dia mengatakan jika TKI merupakan salah satu orang yang mempunyai andil besar terhadap pemasukan devisa negara. Maka dari itulah julukan istimewa yakni pahlawan devisa layak disematkan kepada para TKI yang bekerja diluar negeri. Agus sendiri mengatakan jika julukan istimewa itu tentunya juga harus disertai dengan perlindungan atas pemenuhan hak-hak para TKI.

Pemerintah sendiri harus memberikan perlindungan tersebut yang nantinya akan berujung terhadap kesejahteraan para TKI serta keluarganya. ‘Ini merupakan salah satu bagian dari rencana yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo. Dilakukan supaya TKI terlindungi di dalam negeri, diluar negeri, tidak terlantar hingga pulang ke tanah air’ ujarnya saat ditemui pada Minggu, 30 Juli 2017.

BPJS Ketenagakerjaan
Copyright©keunagankontan

Agus menambahkan jika BPJS Ketenagakerjaan ini juga diberlakukan untuk TKI sebagai salah satu bentuk perlindungan bagi seluruh masyarakat yang diberikan oleh negara. Meskipun berada di luar negeri akan tetap diberikan perlindungan dan itu sebagai antisipasi pemerintah.

‘Perlindungan itu diberikan oleh negara supaya para TKI dan keluarganya dapat menjalankan aktivitas sehari-hari dengan tenang’ sambungnya.

Dikatakan oleh Agus munculnya pemikiran ini berdasarkan hasil pembahasan pada Komisi IX DPR RI. Perlindungan untuk TKI ini sendiri juga sudah dicantumkan dalam Undang-Undnag Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Kemudian juga dicantumkan dalam Undnag-Undnag Nomer 40 tahun 2004 tentang sistem Jaminan Sosial Nasional.

Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri menyatakan jika TKI akan mendapatakan perlindungan sosial dari BPJS Ketenagakerjaan. Perlindungan sosial untuk para TKI sendiri akan dimulai pada tanggal 1 Agustus 2017 dan dengan menerapkan skema khusus jaminan sosial untuk TKI.

Skema khusus yang dimaksud yakni para tenaga kerja Indonesia tersebut wajib untuk daftar pada dua program yang disediakan. Kedua program itu diantaranya Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKm) serta Jaminan Hari Tua (JHT) untuk para TKI menabung.

baca juga : Jika Stok Obat di RS Kosong, Pasien BPJS Kesehatan Harus Bagaimana?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here