Saipul Jamil Divonis 3 Tahun Penjara Karena Kasus Suap!

0
162
Saipul Jamil
Copyright ©kompasnasional

Saipul Jamil Divonis 3 Tahun Penjara Karena Kasus Suap!

Indowarta.com – Penyanyi dangdut Saipul Jamil menjalani sidang pembacaan vonis terkait kasus yang menjeratnya pada Senin, 31 Juli 2017 kemarin. Pedangdut tersebut dijatuhai vonis 3 tahun penjara oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta Pusat.

Saipul Jamil dianggap bersalah karena telah menyuap Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Utara dari persidangan kasus pelecehan seksual. Dia sendiri merupakan terpidana kasus pencabulan dan dalam kasus suap ini Saipul diwajibkan untuk membayar denda Rp 100 juta seubsider 3 bulan kurungan penjara.

Persidangan pembacaan vonis saat itu dipimpin oleh Ketua Majelis hakim Baslin Sinaga. ‘Dengan ini mengadili dan menyatakan Saipul Jamil terbukti secara sah bersalah dan melakukan tindak pidana korupsi seacra bersama-sama’ ujar hakim saat berada di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat pada Senin, 31 Juli 2017.

Berdasarkan pertimbangan Majelis Hakim menilai Saipul Jamil tidak mengatakan sebenarnya atau tidak terus terang dalam persidangan. Namun meskipun begitu Saipul dianggap berperilaku sopan dan menyesal atas perbuatannya.

Saipul Jamil
Copyright ©warakota

Sementara itu cukup diketahui jika mantan suami Dewi Persik tersebut menyuap panitera PN Jakarta Utara, Rohadi. Uang Rp 250 juta diberikan ke majelis hakim untuk menangani perkara pencabulan Saipul di PN Jakarta Utara supaya dapat menjatuhkan putusan atau vonis seringan mungkin untuknya.

Pemberian suap tersebut dilakukan Saipul bersama dengan kakanya yakni Samsul Hidayatullahs serta dua pengacaranya Barthanatalia dan Kasman Sangaji. Uang tersebut diambil dari rekening Saipul dan diirnya menyetujui jika uang sebesar Rp 565 juta diambil untuk mengurus perkara pencabulan yang dilakukan dirinya.

Namun pada saat di jatuhi vonis 3 tahun penjara Saipul Jamil tak terima dengan putusan hakim Baslin Sinaga. Menurutnya hukuman yang dijatuhkan kepadanya sebanding dengan seorang koruptor yang telah memakan uang rakyat.

‘Saya disini tidak memakan uang rakyat. Jadi kalau hukuman saya diseimbangkan atau sebanding dengan mereka para koruptor yang memakan uang rakyat saya tentunya tidak terima’ ujar Saipul.

Meskipun begitu pedangdut ini terbukti melanggar Pasal 5 ayat 1 b Undang-Undang Nomor 31 tahun 1999 yang diubah dalam UU Nomor 20 tahun 2001 tentang pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat 1 KUHP.

baca juga : Usai Dituntut 4 Tahun Penjara, Saipul Jamil Akan mendapatkan Vonis Hari Ini!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here