Masih Bingung Pilih Asuransi Kesehatan untuk Karyawan ? Pahami dulu Produknya Berikut Ini

    0
    198
    Masih Bingung Pilih Asuransi Kesehatan untuk Karyawan Pahami dulu Produknya Berikut Ini

    Pentingnya sebuah asuransi di zaman yang semakin maju dan menuntut seseorang untuk lebih aktif dalam beraktivitas sering kali membuat seorang karyawan berpenghasilan pas-pasan merasa keberatan untuk mengajukan asuransi individual. Mau tak mau seorang karyawan pun harus terpaksa memanfaatkan fasilitas yang diberikan  oleh perusahaan.

    Lalu apa itu sebenarnya asuransi kesehatan untuk karyawan? Secara umum asuransi jenis ini tak jauh beda dengan asuransi kesehatan pada umumnya. Asuransi kesehatan karyawan memiliki fungsi perlindungan dan menjamin biaya kesehatan, perawatan, serta tindakan medis lainnya yang di alami oleh seorang karyawan di sebuah perusahan.

    Fasilitas satu ini ditujukan untuk memberikan jaminan kenyamanan kerja pada seorang karyawan dalam sebuah perusahaan. Di lain sisi dengan adanya asuransi karyawan ini juga memiliki dampak positif bagi perusahaan yakni membantu perusahaan untuk lebih memastikan kesehatan karyawan dengan begitu kinerja karyawan di perusahaan tersebut lebih maksimal. Selain itu dengan adanya asuransi yang di kelola oleh perusahaan asuransi juga memberikan dampak positif lantaran perusahaan tersebut tak perlu pusing memikirkan kesejahteraan karyawannya, sehingga dapat fokus untuk mencapai tujuan perusahaan.

    Manfaat menyerahkan pengelolaan asuransi kesehatan karyawan kepada perusahaan asuransi

    Setelah mengetahui inti dari sebuah asuransi karyawan, berikut ini adalah beberapa kelebihan dari asuransi kesehatan karyawan yang wajib Anda ketahui :

    • Menghindari risiko finansial yang sewaktu waktu merugikan lembaga atau perusahaan.
    • Menghindari pengeluaran mendadak lantaran harus membayar biaya pengobatan karyawan yang sakit atau terluka
    • Menghindari terganggunya operasional perusahaan lantaran kesulitan menemukan solusi untuk mengobati karyawan yang tiba tiba sakit.
    • Perusahaan menyerahkan segala bentuk klaim asuransi pada perusahaan asuransi terkait tanpa perlu di repotkan apabila karyawan hendak klaim asuransi.

    Tak hanya soal asuransi individual saja yang perlu Anda pertimbangkan. Bagi Anda seorang pengusaha yang hendak membuatkan asuransi untuk karyawan, berikut ini adalah beberapa hal yang wajib Anda ketahui sebelum mengajukan pembuatan asuransi untuk karyawan berdasarkan portal ahli asuransi online cermati.com:

    Lingkup jaminan asuransi

    Proteksi karyawan saat ini sudah sangat banyak mulai dari rawat inap yang sangat basic hingga rawat jalan, biaya persalinan hingga perawatan gigi pun ada. Sebelum Anda memutuskan untuk mengambil jenis asuransi untuk karyawan, pastikan proteksi meliputi hal hal yang sangat detail. Kendati pun preminya cukup mahal, bandingkanlah dengan impact psikologis karyawan lantaran lebih merasa terjamin dan bekerja pun dapat lebih maksimal.

    Plafon dan benefit jelas

    Setiap asuransi memiliki plafon klaim yang berbeda beda, begitupun benefit yang di tawarkan untuk pengguna asuransi tersebut. Sesuaikan lah produk asuransi dengan kebutuhan perusahaan. Beberapa produk seperti asuransi kesehatan Cigna, Manulife, dan AIA bisa menjadi pilihan Anda jika Anda menginginkan asuransi kesehatan karyawan dengan jenis plafon yang beragam. Baca juga: Wah. .Biji Pepaya Ini Ternyata Punya Khasiat Bagus Untuk Kesehatan Lho!

    Memberikan perlindungan dari berbagi penyakit/ cedera

    Ini lah yang terkadang menjadi masalah bagi asuransi kesehatan karyawan. Perusahaan cenderung hanya memikirkan premi yang rendah, sementara hal tersebut dapat mengurangi manfaat atau perlindungan pada karyawan. Ujung ujungnya jika ada karyawan yang sakit dan tidak dapat tercover oleh asuransi perusahaan pula yang menderita kerugian bukan? Cobalah untuk berfikir lebih logis setidaknya jika Kita memberikan perlindungan menyeluruh, karyawan pun akan semakin betah bekerja.

    Perhatikan rumah sakit mitra asuransi

    Bicara soal asuransi yang harus Kita ketahui pertama kali tentunya rumah sakit mitra asuransi yang Kita miliki. Dengan begitu Kita dapat memaksimalkan manfaat asuransi tanpa perlu pergi terlalu jauh. Namun saat ini system asuransi sudah semakin banyak menguntungkan karyawan. Beberapa asuransi sudah dapat di lakukan claim asuransi dengan system reimburst apabila rumah sakit tersebut tidak bekerja sama menjadi rumah sakit mitra perusahaan asuransi.

    Profesionalitas perusahaan asuransi

    Selanjutnya, perhatikanlah pelayanan asuransi yang Anda pilih apakah mengedepankan system kerja berbasis teknologi terbaru atau justru masih menggunakan pelayanan konvensional? Kredibilitas sebuah perusahaan asuransi dapat ditakar melalui cepatnya sebuah perusahaan asuransi mencairkan klaim nasabahnya.

    Ada fasilitas system payroll untuk membayar klaim

    Adanya system payroll semakin mempermudah sebuah perusahaan untuk mengurus keuangan terkait perusahaan dan karyawan. Umumnya sebuah perusahaan asuransi yang baik tidak akan merepotkan clientnya dalam urusan pembayaran client. Akan jauh lebih praktis bila mana klaim di cairkan dan dibayarkan melalui system payroll yang langsung ditujukan pada karyawan yang bersangkutan.

    Adanya laporan periodik

    Perusahaan yang baik biasanya akan memeriksa laporan klaim yang di ajukan oleh karyawan terkait. Hal ini tentunya dapat mempermudah pihak perusahaan ketika akan memantau aktifitas karyawan dengan penyedia asuransi.

    Jaminan layanan 24 jam

    Bukankah Anda tak akan pernah tahu kapan karyawan Anda membutuhkan bantuan dari penyedia asuransi kesehatan? Dengan adanya asuransi, karyawan yang membutuhkan bantuan dari penyedia asuransi selama 24 jam tak perlu menghubungi pihak perusahaan, melainkan cukup antara pengguna asuransi dengan penyedia asuransi saja.

    Demikianlah beberapa hal yang wajib Anda ketahui sebelum memutuskan untuk mengguanakan jasa perusahaan asuransi untuk mengelola asuransi perusahaan Anda. Jika di bandingkan dengan kekurangannya tentu saja akan jauh lebih dominan sisi positifnya. Tunggu apa lagi? Yuk berikan proteksi untuk karyawan.

     

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here