Bahaya Siomay Ikan Sapu Sapu Bagi Kesehatan, Awas!

0
1156
Siomay ikan sapu-sapu
Copyright ©blogsport

Bahaya Siomay Ikan Sapu Sapu Bagi Kesehatan, Awas!

Indowarta.com – Bahaya Siomay Ikan Sapu Sapu perlu diperhatikan untuk kalian terutama pengggemar makanan yang terbuat dari daging ikan ini. banyak efek buruk yang ditimbulkan jika menggunakan daging ikan sapu-sapu karena ikan ini mengkonsumsi kotoran serta telah terkontaminasi dengan partikel berbahaya.

Ikan sapu sapu atau Hypostomus Plectostamus merupakan salah satu hewan air yang hidup dalam kondisi air yang kotor. Ikan ini hidup di air yang sudah tercemar oleh berbagai logam berat misalnya logam tembaga, Kadmium dan timbal. Tak hanya itu ikan ini juga mengkonsumsi berbagai macam sampah rumah tangga, kotoran manusia dan bangkai hewan.

Ikan ini biasanya dijumpai di sungai, parit ataupun wilayah berlumpur. Ciri-cirinya hidup di air tawar, menyukai pelet atau lumut, dapat hidup di air kotor, tubuhnya dapat tumbuh sepanjang 30 sentimeter dan mulutnya berada di bawah dan cenderung menyentuh dasar sungai. Ikan ini juga bisa dikatakan sebagai ikan pembersih kotoran.

Siomay ikan sapu-sapu
Copyright ©blogsport

Berbagai macam bahaya diakibatkan mengkonsumsi makanan yang menggunakan ikan sapu sapu salah satunya Siomay Ikan Sapu Sapu. Seperti diketahui jika para pedagang siomay yang nakal kerap memakai ikan ini didalam pengolahan dagangannya. Hal itu disebabakan karena ikan ini dapat dijumpai dengan mudah dan dalam jumlah banyak di got, parait ataupun sungai.

Sejumlah penyakit yang berbahaya akan muncul jika mengkonsumsi makanan yang mengandung ikan sapu sapu ini. Gatal gatal pada kulit, ikan sapu-sapu jika dikonsumsi akan berbahya dan dapat menimbulkan alergi karena memakan sisa-sisa industri serta logam berat. Maka dari itu makan somay yang mengandung ikan sapu-sapu akan memunculkan efek gatal-gatal disekitar rongga mulut.

Tukak Lambung, Siomay Ikan Sapu Sapu yang telah terkontaminasi logam berat akan mengiritasi dinding dan dasar lambung kita. Maka dari itu dapat memicu terjadinya peradangan dan peningkatan kadar asam lambung.

Siomay ikan sapu-sapu
Copyright ©bombastis

Kerusakan otak, mengkonsumsi ikan sapu-sapu yang tercemar logam industri dapat menyumbat aliran darah diseputar otak. Selain itu juga akan menyebabkan iritasi, meracuni darah dan oksigen yang masuk kedalam otak bahkan bisa menyebabkan kerusakan otak secara permanen.

Bahkan yang paling mencengangkan Siomay Ikan Sapu Sapu ini dapat menyebabkan penyakit kanker. Ikan sapu sapu yang didalam dagingnya mengandung merkuri yang bersifat karsinogen dan merusak sel-sel tubuh menjadi arbormal. Sel Arbomal di dalam DNA itu dapat berubah dan itu akan menyebabkan sel kanker seperti kanker hati.

Maka dari itu untuk kalian pengemar makanan yang terbuat dari ikan ini lebih berhati-hatilah.

Baca juga : Cara Mengobati Sariawan dengan Menggunakan Madu!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here