Banyak Ditemukan, Ikan Sapu Sapu Hidup di Sungai Cikeruh!

0
249
Ikan sapu sapu
Copyright©mancing mania

Banyak Ditemukan, Ikan Sapu Sapu Hidup di Sungai Cikeruh!

Indowarta.com – Sungai dengan kondisi keruh, kotor dan banyak sekali sampah menjadi tempat tinggal yang nyaman untuk jenis Ikan Sapu Sapu. Seperti yang terlihat di sungai Cikeruh yang terletak di perbatasan Rancaekek-Cileuyi, Jawa Barat.

Dengan kondisi sungai Cikeruh yang menumpuk sampah menyebabkan tidak ada ikan yang sanggup hidup di dalamnya. Namun kecuali satu jenis ikan yang biasa hidup di air keruh dan kotor yakni Ikan Sapu Sapu.

Dari hasil pengamatan pada Senin, 31 Juli 2017 sungai Cikeruh banyak sekali terdapat ikan pemebersih kotoran yang terlihat muncul ke permukaan. Terlihat puluhan bahkan ratusan Ikan Sapu Sapu muncul ke permukaan air ketika sampah sungai mulai diangkat oleh backhoe. Itu menunjuka jika lingkungan sungai sangat kotor sehingga ikan tersebut menjadikannya tempat tinggal yang nyaman.

Ikan jenis ini memang hidup di lingkungan kotor tepatnya dibawah permukaan sampah yang ada di dalam sungai. Pada sungai Cikeruh ikan ini tak hanya hidup di bawah permukaan sampah namun juga terdapat di bagian sungai sebelah kanan jembatan bila dari arah Cileunyi. Ikan ini memakan kotoran samapah dan kotoran manusia yang berada disungai tersebut.

Ikan sapu sapu
Copyright©tribun jabar

Namun terlihat jika sungai Cikeruh sendiri tidak ditutupi oleh sampah dan masih menyisakan ruang untuk air mengalir. Tidak seperti di bagian kiri jembatan yang terlihat penuh dengan sampah dan terlihat menumpuk di permukaan.

Salah satu warga mengungkapkan jika dulunya tak hanya Ikan Sapu Sapu yang ada dalam sungai, namun juga masih ada ikan mujaer, nila dan lainnya. ‘Dulu masih lumayan bersih dan ada berbagai ikan seperti mujaer, ikan mas, ikan nila. Tapi sekarang sudah tidak ada dan hanya sisa Ikan Sapu Sapu itu yang tidak bisa dimakan’ ujar warga Rancaekek bernama Ji’ud (60 tahun).

Ji’ud juga mengungkapakn kondisi sungai Cikeruh sangat berbeda dengan dulu yang masih menyimpan banyak ikan didalamnya. Bahkan warga masih dapat mengkonsumsi ikan tersebut, namun setelah banyak sampah ikan yang dapat dikonsumsi itu mati dan tak bisa hidup.

Dia mengatakan jika sekarang bukannya ikan nila dan sejenisnya, melainkan Ikan Sapu Sapu yang bertahan hidup dan bertambah banyak. Ikan yang tidak bisa dikonsumsi itu banyak dipacing dan diambil dagingnya untuk pakan bebek.

baca juga : Bahaya Siomay Ikan Sapu Sapu Bagi Kesehatan, Awas!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here