Vaksin Mr Aman, Ampuh Cegah Campak dan Rubella!

0
194
Vaksin Mr Aman
Copyright©health

Vaksin Mr Aman, Ampuh Cegah Campak dan Rubella!

Indowarta.com – Cacat akibat Sindroma Rubella Kongenital yang disebakan oleh penyakit Rubella yang sering kali menyerang pada usia anak-anak. Untuk mencegahnya akan dilakukan kampanye imunisasi vaksin Meales Rubella atau sering disebut sebagai Vaksin Mr Aman.

Imunasisai Vaksin Mr Aman ini diberikan kepada anak-anak usia 9 bulan hingga usia kurang dari 15 tahun. Kampanye imunisasi ini akan dilakukan selama bulan Agustus hingga September 2017 di seluruh wilayah yang berada di Pulau Jawa. Sedangkan pada tahun ini kampanye akan dilakukan di 6 provinsi, 119 kabupaten/kota dan 3.579 puskesmas dengan target sebanyak 34.964.384 anak.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) juga ikut andil menyuseskan program imunisasi Rubella ini dengan menyediakan 4.777.150 via Vaksin Mr Aman. Selain itu juga disediakan alat suntik dan logistic pendukung mulai dari buku petunjuk teknis pelaksanaan dan materi komunikasis, Informasi dan Edukasi (KEI).

Sedangkan Rubella sendiri salah satu penyakit yang banyak menyerang anak-anak. namun penularannya juga bisa terjadi pada ibu hamil di trimester pertama. Akibatnya ibu hamil dapat keguguran ataupun kecactan bayi yang dilahirkan.

Vaksin Mr Aman
Copyright©okezone

Rubella sendiri meruapakan salah satu penyakit yang menular dan berbahaya untuk siapapun. Penyakit ini ialah penyakit infeksi melalui saluran pernafasan yang disebabkan oleh virus. Akibatnya dapat menimbulkan kecatatan seperti cacat pada jantung, mata, tuli dan pertumbuhan yang lambat.

Penyakit campak juga serupa dengan Rubella dan campak ternyata juga berbahaya jika menyerang tubuh. Penularan dapat melalui saluran pernafasan serta dapat menyebabkan komplikasi kronis seperti diare, radang paru-paru, radang otak, kebutaan bahkan kematian.

Maka dari itu demi menyukseskan kampanye Vaksin Mr ini Kemnkes menyediakan lebih banyak vaksin. Ketersediaan vaksi dan informasi tersebut digunakan untuk sosialaisasi kepada masyarakat terkait dengan penyait Rubella yang berbahaya jika tidak ditangani sejak dini.

Vaksin Mr Aman ini juga sudah mendapat rekomendasi dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan vaksi ini dinilai efektif mencegah campak serta rubella 95 persen. Vaksin ini juga dinyatakan telah aman serta terbukti sukses digunakan lebih dari 141 negara di dunia.

Sementara itu efek setelah mendapatkan vaksin ini ialah demam ringan, ruam merah dan bengkak disekitar tempat suntikan setelah diimunisasi. Namun efek tersebut akan segera hilang dalam waktu 2 hingga 3 hari dan kondisi akan kembali normal.

baca juga : Jangan Anggap Sepele, Inilah Rubella, Penyakit Menular yang Intai Janin!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here