BPJS Ketenagakerjaan Akan Lindungi TKI Lebih Baik!

0
328
bpjs Ketenagakerjaan
Copyright©detik

BPJS Ketenagakerjaan Akan Lindungi TKI Lebih Baik!

Indowarta.com – Sebelumnya disebutkan jika Badan Peneyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan akan memberikan fasilitas kepada Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang berada di luar negeri. Apa yang direncanakan BPJS Ketenagakerjaan ini pun mendapat tanggapan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

KPK menilai jika memang seharusnya negara melindungi TKI dengan semaksimal mungkin. Lembaga antirasuah itupun juga meyakini jika transformasi ke BPJS Ketenagakerjaan akan membuat lebih baik perlindungan kepada TKI yang berada di luar negeri.

Mengenai pernyataan tersebut disampaiakn langsung oleh Ketua Satuan Tugas (Satgas) Koordinasi Supervice Pecegahan KPK, Asep Rahmat. Suwandha ‘Negara ini harus hadir untuk melindungi pahlawan devisa negara dengan memberikan pelayanan dan perlindungan secara maksimal. BPJS Ketenagakerjaan sendiri meyakini akan memberikan pelayanan itu’ ujarnya pada Senin, 31 Juli 2017.

WAJIB BACA :  Ada Sinergi Antara BPJS Ketenagakerjaan dengan BPJS Kesehatan?

Asep sendiri mengatakan hal ini ketika menghadiri acara yang diadakan oleh BPJS Ketenagakerjaan yakni sosialisasi transformasi TKI di Kantor Kementerian Ketenagakerjaan.  Dia menambahkan sebagai sistem baru transformasi asuransi ini akan terus dikaji pelaksanaanya.

bpjs Ketenagakerjaan
Copyright©detik

Dia juga menuturkan jika tranformssi ansuransi perlindungan ke BPJS Ketenagakerjaan ini juga berkaitan dengan KPK. Pencapaian ini diakuinya sebagai implementasi dari empat rekomendasi yang diberikan oleh KPK kepada Kementerian Ketenagaerjaan (Kemnaker) guna melindungii TKI di luar negeri.

Kemudian tanggapan lain juga datang dari Direktur Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan perluasan kesempatan Kerja Kemnaker, Maruli A Hasolan. Dia mengatakan jika tranformasi yang dilakukan oleh BPJS Ketenagakerjaan ini akan memberikan perlindungan kepada TKI di luar negeri.

WAJIB BACA :  Ada Sinergi Antara BPJS Ketenagakerjaan dengan BPJS Kesehatan?

Selain itu Maruli juga memberikan apresiasi kepada Konsorsium Ansuransi TKI yang sampai sekarang telah membrikan asuransi kepada tenaga kerja asal Indonesia. Sedangkan menurut Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Agus Susanto mengatakan jika hal ini dilakukan karena termasuk intruksi dari presiden.

Perlindungan yang diberikan oleh BPJS Ketenagakerjaan kepada TKI diantaranya Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jamian Kematian. Semuanya itu akan diberikan sebelum TKI berangkat ke luar negeri, saat penempatan hingga purna menjadi TKI. Dipastikan selain mudah, murah serta jangkauan layanan yang luas transformasi ini akan memberikan manfaat lebih baik misalnya seperti pengobatan tidak terbatas TKI meninggal dunia dan lainnya.

baca juga : Mulai 1 Agustus Besok, TKI Akan terlindungi BPJS Ketenagakerjaan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here