Penyebab dan Cara mengobati Penyakit Trypophobia!

0
3320
Trypophobia
Copyright©infofemina

Penyebab dan Cara mengobati Penyakit Trypophobia!

Indowarta.com – Penyakit Trypophobia mungkin terdengar asing untuk masyarakat awam di dunia. Penyakit ini merupakan ketakutan yang berlebih dari lubang kecil di cluster asimetris dan ini mempengaruhi takut lubang pada kulit Anda.

Anda bisa menderita Trypophobia jika merasa takut, menggigil, gatal dan tida nyaman kektika muncul lubang kecil seperti sarang lebah, jamur, biji teratai gelembung dan terumbu karang di kulit. Kebanyakan penderita penyakit ini merasa tidak nyaman ketika mereka melihat lubang-lubang kecil tersebut.

Phobia atau dalam bahasa Indonesia disebut Fobia merupakan suatu ketakutan terhadap suatu objek secara berlebihan. Gangguan ini biasanya juga dikatakan sebagai gangguan anxietas fobik dan fobia sendiri berasal dari rasa atau pemikiran negatif yang muncul dari dalam diri sendiri.

Beberap jenis Fobia memang pernah didengar oleh masyarakat awam dan ada pula yang belum mendengarnya. Sedangakan peyakit karena fobia yang satu ini karena ketakutan terhadap lubang-lubang kecil yang menganggap jika lubang tersebut berbahaya, menjijikan bahkan lucu.

Trypophobia
Copyright©blogger

Namun bagian penderita Trypophobia lubang kecil seperti sarang tawon iti tersa mengganggu dan terlihat mengerikan. Penyebabnya sendiri hingga kini belum dapat dipastikan namun sejumlah penelitian mengatakan jika lubang itu mirip dengan pola lubang hewan yang beracun sehingga membuat penderitanya takut.

Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Universitas Essex Inggris penyebab penyakit ini ialah penderita melihat kemiripan dengan pola lubang hewan beracun. Pederita mamang akan mengalami ketakutan berlebih karena melihat lubang itu seperti sarang semut, gelembung sabun dan terumbu karang.

Sedangkan gejala yang didapati seorang menderita penyakit ini yang pasti akan mengalami trauma psikologis. Gejala yang dialami penderita diantaranya panik atau ketakutan secara berlebih, merasa geli ketika meraba kulit berlubang, jijik yang membuat mual, jantung berdebar dan kepala pusing.

Sementara itu cara menghilangkan penyakit Trypophobia ini ialah tergantung pada diri sendiri. Salah satunya dengan terapi yang nantinya akan memungkinkan seorang untuk berubah dan mampu mengendalikan perilaku yang tak diinginkan salah satunya rasa takut.

Terapi kognitif dapat dilakukan dengan tujuan untuk mengubah pola-pola pikir para penderita penyait ini. Kemudian ada sejumlah terapi lainnya yang tujuannya sama menghilangkan ketakutan yang tidak produktif yang dimiliki.

baca juga : Vaksin Mr Aman, Ampuh Cegah Campak dan Rubella!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here