Menpan Bakal Buka penerimaan Formasi Dosen dalam Pendaftaran CPNS 2017!

0
1473
Formasi CPNS 2017
Copyright©radaronline

Menpan Bakal Buka penerimaan Formasi Dosen dalam Pendaftaran CPNS 2017!

Indowarta.com – Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun ini sudah mulai dibuka mulai tanggal 1 Agustus 2017 kemarin. Sejumah Formasi CPNS 2017 telah disediakan dan diperuntukan untuk dua instansi yakni Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) dan Mahkamah Agung (MA).

Selain itu Kemenetrian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi (Kemenpan-RB) berencana akan membuka Formasi CPNS 2017 untuk dosen. Menganai hal ini disampaiakan langsung oleh Menteri PAN-RB Asman Abnur.

Dia mengatakan Kemenpen-RB akan membuka penerimaan CPNS formasi dosen pada tahun 2017 karena untuk memenuhi kebutuhan dosen. ‘Pembukaan formasi untuk dosen ini dilakukan karena mengingat kebutuhan dosen yang selama ini dinilai kurang di berbagai daerah’ ujarnya saat ditemui usai kegiatan BAKTI 2017 di Universitas Andalas (Unand), Padang pada Selasa, 1 Agustus 2017.

Menteri Asman Abnur menambahkan jika meskipun penerimaan CPNS secara fomasi umum dilakukan monatorium namun tetap saja sejumlah kementerian membutuhkan pegawai. Salah satu yang membutuhkan pegawai tetap yakni dari Kemnterian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Formasi CPNS 2017
Copyright©tempo

Sedangkan terkait jumlah Formasi CPNS 2017 untuk dosen tergantung pada keputusan yang diambil oleh Kemenristekdikti sekaligus kampus yang akan menerima dosen tambahan. Sedagkan jika bicara tentang syarat sepertinya akan sama seperti pada umumnya.

Syaratnya sendiri yakni harus berpendidikan minimal magister atau S2 serta usia minimal 35 tahun. Asman sendiri mengatakan meskipun begitu pihaknya akan melakukan seleksi secara ketat dan tersetruktur nantinya.

Untuk formasi dosen ini juga akan diberlakukan untuk calon pendaftar yang dinyatakan lulus caumlaude atau dengan pujian. Mereka  para lulusan camlaude akan diseleksi dan akan dibebaskan tes tulis sehingga akan masuk ke tahapan tes berikutnya.

Sementara itu diketahui jika Formasi CPNS 2017 dibuka hanya dua instansi oleh dua pemerintah yakni Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) dan Mahkamah Agung (MA). Untuk Kemnkumham dibutuhkan sebanyak 17.962 orang dan di Mahkamah Agung sebnayak 1.684 oarag.

Pembukaan sendiri sudah dimulai sejak kemarin 1 Agustus 2017 dan akan ditutup pada akhir bulan Agustus mendatang. Untuk Kemenkumham batasan waktu pendaftaran akan lebih lama yakni hingga 31 Agustus 2017 dan untuk Mahkamah Agung sampai tanggal 26 Agustus 2017.

baca juga : Batas Waktu Pendaftaran CPNS 2017 Melalui SSCN BKN GO ID!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here