Mengandung Banyak Nutrisi, Santan Sangat Berguna Dikonsumsi Anak Anak!

0
321
Santan
Copyright©hellosehat

Mengandung Banyak Nutrisi, Santan Sangat Berguna Dikonsumsi Anak Anak!

Indowarta.com – Buah kelapa tentunya identik dengan kata Santan yang sering kali digunakan untuk keperluan dapur seperti memasak sayuran. Bahan pelengkap makanan ini seirng kali dikatakan tak baik untuk anak-anak maupun orang yang sudah berumur alias orang tua.

Namun ahli kesehatan menegaskan bahwa anak usia 6 bulan sebenarnya sudah aman mengkonsumsi Santan. Bisa dikatakan itu menjadi makanan tambahan dan sebagai bagian daria asupan dalam makanan pendamping Air Susu Ibu (MP-ASI).

Pernyataan tersebut disampikan oleh salah satu dokter spesialis nutrisi dan penyakit metabolik dari RSCM, Dr Damayanti R, Sjarif Sp A (K). Dia mengatakan dalam santan mengandung empat nutrisi penting untuk anak yakni zat besi, protein, lemak dan karbohidrat.

‘Biasanya banyak yang beranggapan jika santan tak boleh dikonsumsi anak-anak. Tapi nyatanya anak tak haram makan santan dan empat nutrisi pentig untuk anak terkandung didalamnya sepeti zat besi, protein, lemak dan karbohidrat’ ujarnya pada Senin, 31 Juli 2017.

Santan
Copyright©hellosehat

Dia menambahkan bahwa anak sejak dalam kandungan sudah terbiasa mengonsumsi apa yang dimakan oleh ibunya. Ketika mengandung sang ibu juga tak jarang mengkonsumsi Santan seperti saat memakan rendang, nasi uduk dan makanan lainnya yang mengandung santan.

Dalam cairan putih yang berasal dari kelapa ini ternyata mempunyai banyak nutrisi penting untuk tubuh kita. Nutrisi penting tersebut diantaranya lemak yang terdiri dari lemak jenuh, lemak tak jenuh, lemak omega 3 dan elmak omega 6. Kemudian santan juga mengandung protein serta kalsium yang tak kalah pentingnya untuk tubuh kita.

Dokter Damayanti juga mengatakan jika anak yang sudah berusia 6 hingga 9 bulan sudah bisa merasakan apa yang kita makan. ‘Untuk anak usia 6 smapi 9 bulan bisa mencicipi apa yang kita makan. Dia nantinya akan merasakan yang pernah dia kenal dan semakin banyak dikenalkan maka semakin banyak pula dia mau’ ujarnya.

Sementara itu Santan bisa dibilang sebagai makanan tambahan untuk anak karena pada usia 6 bulan pemberian ASI saja tak akan cukup. Hal itu karena anak memerlukan berbagi nutrisi seperti zat besi dan protein pada usia tersebut. Maka dari itu anak seusia itu mestinya mendapatkan MP-ASI.

baca juga : Penyebab dan Cara mengobati Penyakit Trypophobia!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here