Gunung Sinabung Meletus Lagi, Status Dinaikkan Jadi Awas!

0
478
Gunung Sinabung
Copyright©kompas

Gunung Sinabung Meletus Lagi, Status Dinaikkan Jadi Awas!

Indowarta.comGunung Sinabung sejak pagi tadi terlihat terus menyemburkan awan panas yang membumbug tinggi ke udara. Dengan kondisi tersebut Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menetapkan status gunung berapi ini pada level awas atau level IV.

Mengenai pernyataan ini disampaikan oleh Kepala Pusat Data dan Informasi BNPN Sutopo Purwo Nugroho. ‘Gunung Sinabung terus menyemburkan awan panas dan aktivitas vulkanik masih tinggi. Kini statusnya naik menjadi level IV atau Awas’ ujarnya melalui keterangan tertulis pada Rabu, 2 Agustus 2017

Sutopo menghimbau supaya warga tidak melakukan aktivitas dalam radius minimal 3 kilometer dari puncak gunung dan radius 7 kilometer sektor selatan-tenggara. Kemudian warga yang berada di pemukiman sekitar hilir Sungai Laborus diminta supaya waspada mengingat sudah terbentuknya bendungan alam di hulu sungai.

Terlihat sejak pagi tadi ktivitas erupsi Gunung Sinabung meningkat dan tercatat sudah terjadi sekitar 30 kali erupsi. Sebelumnya erupsi gunung berapi yang berada di Kabupaten Karo, Sumatera Utara ini hanya erupsi sebanyak dua kali dalam sehari.

Gunung Sinabung
Copyright©kompasregional

Nampak sejak Rabu pagi, 2 Agustus 2017 mulai pukul 08.00 WIB hingga siang hari sudah terjadi berkali-kali erupsi dan sebanyak 17 kali semburan awan panas atau awan panas gugur (APG). Dari data Pusat Vulkanologi dna Mitigasi bencana Geologi Pos Pengamatan Gunungapi Sinabung sekitar pukul 11.49 terjadi APG, namun jalur tidak terlihat karena tertutup abu.

Kemudian sekitar pukul 16.08 erupsi kembali terjadi dengan kolom abu setinggi 4.000 meter. Salah satu warga Desa Parbaji, Hasa Tarigan menuturkan jika pada Rabu petang kondisi semua lokasi terlihat parah karena erupsi dan abu vulkanik.

‘Semua lokasi kondisinya parah. Tapi semua warga mengungsi dan berkumpul di satu lokasi yang aman’ ujar Hasan saat ditemui Rabu petang.

Sementara itu diinformasikan semburan awan panas Gunung Sinabung ini membuat sejumlah wilayah tertutup abu vulkanik. Abu menutupi sejumlah desa diantaranya Desa Perbaji, Sukatendel, Temberun, Perteguhen, Kuta Rakyat, Simpang Empat, Tiga Pancur, Payung dan Kuta Gunung.

Sampai saat ini pos-pos pengungsian sudah didirikan dan seluruh warga pun diarahkan ke pengungsian tersebut. Hingga kini tercatat sebanyak 7.214 jiwa atau 2038 kepala keluarga diungsikan. Namun hanya 2.863 yang tinggal di pos pengungsian dan sisanya memilih tinggal di luar pengungsian.

baca juga : Habib Rizieq Shihab Akan Rencanakan Kembali Ke Indonesia 15 Agustus Mendatang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here