Berita Terkini : Lion Air Siap Kena Sanksi Berat Oleh Kemenhub Lantaran Insiden Telantarkan Penumpang !

0
1121

Berita Terkini : Lion Air Siap Kena Sanksi Berat Oleh Kemenhub Lantaran Insiden Telantarkan Penumpang !

indowarta.com– Kementerian perhubungan masih belum bisa memastikan langkah selanjutnya untuk menindaklanjuti insiden kesalahan prosedur kedatangan penumpang pesawat Lion Air JT 161. Pesawat tersebut terbang dari Singapura menuju ke Jakarta, Indonesia pada tanggal 10 Mei 2016.

Hemi Pamu Raharjo yang merupakan Kasubag Hukum dan Humas Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan menyatakan bahwa pihaknya hingga saat ini masih belum bisa memastikan kesalahan dan prosedur seperti yang telah sudah dilanggar dalam Insiden yang terjadi pada hari Selasa kemarin.

Kementerian Perhubungan akan melakukan rapat dan tinjauan koordinasi bersama pihak-pihak yang terkait guna menindaklanjuti kejadian ini. Pihaknya masih belum tahu pasti kejadian di lapangan mengenai insiden tersebut. Pada siang ini baru akan diadakan rapat.

Letak dari kesalahan di insiden ini adalah pelayanan darat atau Ground Handling Lion Air. Penumpang Internasional yang seharusnya diarahkan ke terminal 2 bandara kedatangan Internasional malah diangkut menuju ke terminal 1 bandara yang untuk kedatangan domestik oleh sopir bus pengangkut penumpang.

Lion Air

Sopir bus yang mengangkur penumpang dari Singapura itu mengira bahwa penumpang berasal dari Padang. Sesduah penumpang itu keluar dari terminal 1 baru disadari bahwa mereka merupakan penumpang internasional.

Seharusnya petugas bagian operasional kedatangan sudah mengetahui setiap jadwal kedatangan pesawat sesuai dengan Estimate Time Arrival (ETA) dan jadwal yang  sudah ada. Tidak hanya itu, seharusnya mereka juga mengetahui seberapa banyak penumpang yang transit, transfer atau pindah pesawat menuju ke Kota atau Negara lain serta penuapang yang turun di Bandara.

Untuk penumpang internasional, petugas operasional penumpang harus membawa mereka ke bagian imigrasi guna pemeriksaan paspor dan juga visa sebelum penumpang keluar dari bandara.

Direktur Operasional dan Teknik PT Angkasa Pura II Djoko Murjatmodjo mengatakan bahwa pihak otoritas Bandara Soekarno Hatta akan mengadakan rapat mengenai insiden ini. Bandara dan pihak terkait baru bisa menentukan langkah selanjutnya seusai rapat digelar.

baca juga :

Berita Terkini : Diduga Lakukan Pemblokiran Trending Topic, FB Mulai Selidiki Isu Yang Beredar !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here