Cerita Dibalik Meletusnya Gunung Sinabung Semburkan Abu Setinggi 4.2 KM!

0
354
Gunung Sinabung
Copyright©Okezone

Cerita Dibalik Meletusnya Gunung Sinabung Semburkan Abu Setinggi 4.2 KM!

Indowarta.comGunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara kini telah melontarkan abu yang memiliki tinggi hingga 4,2 kilometer dan juga telah meluncurkan awan panas sejauh 4,5 kilometer ke arah tenggara dan juga timur. Hal ini telah terjadi pada hari Rabu 2 Agustus 2017 kurang lebih pada pukul 10.00 WIB.

baca juga : Belum Ada Laporan PNS Terafiliasi dengan HTI!

Sutopo Purwo Nugroho yang menjabat sebagai Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB ini telah mengatakan bahwa pos pengamatan Gunung Sinabung PVMBG ini telah melaporkan bahwa kemarin kurang lebih pada pukul 08.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB ini telah terjadi beberapa kali letusan dan juga sebanyak 17 kali awan panas guguran.

Misalnya adalah pada pukul 10.09 WIB, awan panas guguran ini telah meluncur sejauh 4 kilometer ke arah tenggara dan juga arah timur dengan ketinggian kolom abu yang mencapai 3 kilometer. Setelah itu pada pukul 10.14 WIB ini Gunung Sinabung telah kembali meletus setinggi 3 Kilometer disertai dengan luncuran awan panas guguran sejauh 4 kilometer ke arah tenggara dan timur.

gunung sinabung

Lalu Gunung Sinabung kembali mengalami letusan pada pukul 10.20 WIB dan 20.31 WIB. Sutopo di dalam keterangan tertulisnya pada hari Rabu telah menyebutkan “Tidak ada korban jiwa, namun ribuan penduduk terdampak langsung dari hujan abu vulkanik akibat letusan Gunung Sinabung”.

baca juga : Presiden Jokowi Canangkan Kampanye Vaksinasi Campak dan Rubella!

Hujan abu pun telah menyebar di beberapa titik seperti di Desa Perbaji, Sukatendel, Temberun, Perteguhen, Kuta Rakyat, Simpang Empat, Tiga Pancur, Selandi, Payung, dan Kuta Gugung.  Warga membutuhkan masker dan juga air untuk membersihkan lingkungan mereka.

BPBD bersama dengan TNI, Polri, Dinas Kesehatan dan SKPD lain, relawan dan juga masyarakat ini telah membagikan masker, pembersihan jalan dan lahan, pembersihan aset pemerintah seperti pasar dan juga tempat umum yang lainnya. Selain itu juga dihimbau agar masyarakat tidak memasuki zona merah.

Warga yang tengah tinggal dan juga beraktivitas di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung ini dihimbau agar tetap waspada terhadap ancaman bahaya lahar, terutama penduduk yang telah bermukin dan juga beraktivitras di sekitar  hulur daerah aliran Sungai Laborus.

baca juga :

Gunung Sinabung Meletus Lagi, Status Dinaikkan Jadi Awas!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here