Mega Proyek Meikarta Belum Kantongi Izin dari Pemerintah?

0
686
Meikarta
Copyright©bisnis

Mega Proyek Meikarta Belum Kantongi Izin dari Pemerintah?

Indowarta.com– masalah mengenai perizinan proyek besar properti Lippo Group, Kota Baru Meikarta di Cikarang, Kabupaten Bekasi ini telah menjadi bola liar. Wakil Gubernur Jawa Barat yakni Deddy Mizwar telah memberikan sentilan terhadap Lippo dengan sangat gamblang.

baca juga : Pemerintah Provinsi Jabar Hentikan Pembangunan Meikarta Karena Hal Ini!

Menurut Deddy Mizwar, terdapat dua hal yang dianggap telah dilanggar oleh Lippo. Hal yang pertama adalah Lippo kini masih belum mengantongi izin yang harus dipenuhi untuk bisa membangun sebuah kaasan. Lalu yang kedua adalah secara terang-terangan Lippo telah memasarkan ribuan hunian apartemen di tengah segala perizinan yang kini masih belum mereka dapatkan.

Dilansir dari Pikiran Rakyat, Deddy Mizwar mengatakan “Konsep metropolitas harus rekomendasi sesuai dengan Perda. Saya sudah cek ke Kabupaten Bekasi, mereka belum memberikan rekomendasi dan pada kami pun rekomendasi belum diajukan. Dalam Rencana Detail Tata Ruang Kabupaten Bekasi pun belum beres pembahasannya. Ini (izin) dari mana? Maka hentikan dulu sebelum ini jadi pidana karena penipuan, menjual barang ilegal”.

Meikarta
Copyright©kompas

Di dalam Pasal 10 e dan f dalam Perda Nomor 12/2014 tentang Pengelolaan Pembangunan dan Pengembangan Metropolitan dan Pusat Pertumbuhan di Jawa Barat ini sudah secara jelas mengatur pengembangan kawasan metropolitan di Jawa Barat dengan sebutan Bodebekkarpur. Segara perizinan untuk pengelolaan di wilayah tersebut telah menjadi kewenangan Kabupaten atau Kota. Namun di dalam aturan tersebut juga telah disebutkan baha untuk bidang yang dianggap strategis dan skalanya llintas daerah ini maka izinnya harus mendapatkan rekomendasi dari provinsi ataupun Gubernur.

Baca juga : Grup Lippo Siap Bangun Kota Jakarta Baru Meikarta dengan Nilai Rp 278 Triliun!

Terkait dengan hal tersebut, Direktur Komunikasi Lippo Group yakni Danang Kemayan Jati ini telah mengaku bahwa dirinya merasa heran dengan pernyataan yang sudah dilontarkan oleh Deddy Mizwar. Menurut Danang, pada pertengahan bulan Mei 2017 yang lalu terdapat dua pentolan dari Lippo yakni President Lippo Group Theo L. Sambuaga dan CEO Meikarta Ketut Budi Wijaya telah menghadap Deddy Mizwar di Bandung. Danang telah mengklaim bahwa pihak dari provinsi yakni Deddy Mizwar ini telah memberikan dukungan penuh terhadap proyek Meikarta.

baca juga : 

Berita Terkini: Lippo Siapkan Meikarta, Pintu Insvestor Dibuka Lebar!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here