Berita Terkini: Gempa 5.3 SR Guncang Cilacap, Warga Yogya Berhamburan!

0
1110
Gempa Filipina
Copyright©reuters

Gempa 5.3 SR Guncang Cilacap, Warga Yogya Berhamburan!

Indowarta.com – Gempa bumi kini kembali terjadi di daerah Cilacap, Jawa tengah pada Kamis, 3 Agustus 2017 waktu malam. Gempa berkekuatan 5,3 skala richter (SR) tersebut ternyata tak hanya mengguncang wilayah Cilacap namun juga dirasakan warga yang tinggal di daerah Yogyakarta.

Ketika terjadi Gempa terlihat warga berhamburan keluar rumah karena merasakan getaran. Seperti yang dikatakan oleh salah seorang warga Desa Imogiri, Kabupaten Bantul, Yogyakarta yang mengaku jika getaran yang dirasakan cukup besar sehingga membuat dirinya dan warga yang lain berhamburan keluar rumah.

‘Gempa terasa cukup besar sampai semua berhamburan keluar rumah. Saya langsung keluar saat merasakan getaran bersama dengan warga lainnya’ ujarnya saat ditemui usai gempa pada Kamis malam, 3 Agustus 2017.

Anang sendiri mengira jika gempa tersebut berpusat di Bantul seperti kejadian beberapa tahun lalu. Seperti diketahui jika gempa bumi pernah terjadi di daerah Yogyakarta tepatnya di Bantul pada tahun 2006 silam.

gempa
Copyright©SINDOnews

‘Saya kira gempa terjadi di Batul, tapi ternyata gempa berpusat di barat daya Cilacap, Jateng’ ujarnya.

Mengenai kejadian Gempa di Cilacap, Jateng ini juga dijelaskan oleh Kepala Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Dwi Daryanto. Dia mengatakan jika getaran akibat gempa bumi ini dirasakan warga Bantul bahkan hingga warga yang tinggal di daerah Yogyakarta.

Dwi menuturkan jika sejauh ini pihaknya belum menerima laporan terkait korban maupun keruskan yang diakibatkan oleh kejadian ini. ‘Belum ada laporan kerusakan akibat kejadian ini, tapi semua masih aman dna hanya terjadi kepanikan sedikit’ ujarnya.

Sementara itu Gempa berkekuatan 5,3 skala richter yang mengguncang Cilacap, Jawa tengah ini dinyatakan masih aman dan tidak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami. Pernyataan tersebut disampaikan Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

BMKG juga menerangkan jika gempa bumi terjadi tepatnya pukul 23.14 WIB, Kamis, 3 Agustus 2017. Dengan tiitk episentrum gempa berada di koordinat 8,14 Lintang Selatan (LS) dan 108,99 Bujur Timur (BT). Titik gempa berada di jarak 79 kilometer arah barat daya Cilacap dan kedalaman gempa berada pada 22 kilometer dibawah permukaan laut.

Hingga kini belum diketahui dengan pasti korban luka ataupun korban jiwa dari kejadian ini. Namun sepertinya getaran yang terjadi di Cilacap ini tak menimbulkan kerusakan berarti karena gempa bisa dikatakan tidak terlalu kuat.

baca juga : Gempa 5.1 SR Guncang Barat Daya Gunung Kidul, Getaran Dirasakan Sampai Bantul!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here