Berita Terkini: BMKG Deteksi Adanya 10 Titik Panas di Jambi!

0
828
BMKG
Copyright©khalamantana

BMKG Deteksi Adanya 10 Titik Panas di Jambi!

Indowarta.com – Kali ini Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMGK) mendeteksi sejumlah titik panas di daerah Jambi. BMKG mendeteksi ada sekitar 10 tiitik panas atau hot spot di wilayah provinsi tersebut pada Kamis, 3 Agustus 2017 sekitar pukul 16.00 WIB.

Mengenai pernyataan tersebut disampaikan langsung oleh Kepala BMKG Stasiun Jambi, Nurangesti. Dia menuturkan jika 10 titik panas itu terdeteksi pada lima kabupaten di wilayah tersebut dan berpotensi mengakibatkan kebakaran.

Area panas  tersebut dipantau menggunakan sensor modis satelit Terra dan Aqua dengan tingkat kepercayaan (comfident) terjadi kebakaran 57 hingga 59 persen. ‘Dari hasil pantauan menunjukan ada sekitar 10 titik panas pada sejumlah wilayah di Jambi dengan tingkat kepercayaan berada di angka 97 persen’ ujarnya saat ditemui di Jambi pada Kamis, 3 Agustus 2017.

BMKG mejelaskan jika salah satu titik panas tersebut berada di daerah Kabupaten Bungo. Pada daerah tersebut titik panas berada di dua tepat tepatnya di kecamatan Jujuhan Ilir dengan tingkat kepercayaan terjadinya kebakaran 65 hingga 80 persen.

BMKG
Copyright©nasional

Selain itu daerah lainnya yakni Kabupaten Tanjungjabung Barat yang diketahui mempunyai satu titik panas. Titik panas tersebut berada di Kecamatan Batang sama dengan tingkat kepercayaan terjadinya kebakaran 80 persen.

Kemudian ada juga di Kabupaten Tanjungjabung Timur yang mempunyai dua titik panas. Masing-masing berada di Kecamatan geragi dan kecamatan Sadu dengan tingkat kepercayaan kebakaran mencapai 57 hingga 59 persen.

Ada juga di daerah kabupaten Sorolangun yang juga terdeteksi dua titik panas yakni di Kecamatan cermin dan Kecamatan Nan Gedang dengan tingkat keprcayaan kebakaran mencapai 67 hingga 97 persen. Selanjutnya di kabupaten Tebo yang juga terdeteksi ada dua titik panas yang bisa dikatakan berbahaya.

Dua titik tersebut berada di Kecamatan Sumay dengan tingkat kepercayaan kebakaran 74 hingga 76 persen. Dan yang terakhir di Kabupaten Muaroambi yang didapati satu titik panas di Kecamatan Taman Rajo dengan tingkat kepercayaan kebakaran 65 persen.

BMKG sendiri melalui Nurangesti menyampaikan hal tersebut untuk ditujukan kepada warga khsusunya yang tinggal di daerah panas di Jambi. Daerah Jambi sendiri memang sering kali terjadi kebakaran karena banyaknya hutan dan lahan kering.

baca juga : Berita Terkini: Gempa 5.3 SR Guncang Cilacap, Warga Yogya Berhamburan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here