Analisa BMKG Soal Gempa Cilacap yang Terasa Sampai Jogja!

0
282
Gempa bumi
Copyright ©Okezone

Analisa BMKG Soal Gempa Cilacap yang Terasa Sampai Jogja!

Indowarta.com Gempa berkekuatan 5,3 magnitudo mengguncang Cilacap, Jawa Tengah, pada kamis sekitar pukul 23.14 WIB. titik pusat gempa berada di laut pada jarak 73 km barat daya Cilacap ini, guncangannya terasa hingga ke Yogyakarta.

Berdasarkan peta tingkat guncangan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), dampak gempa berupa guncangan terjadi di daerah Cilacap, Kulon Progo, Bantul, Yogyakarta, Kebumen dan Pangandaran dalam skala intensitas II SIG-BMKG (III MMI).

Sedangkan di Pacitan, guncangan terjadi dalam skala intensitas I SIG-BMKG (II-MMI). Kepala Bidang Informasi Gempa bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Daryono, pada Jumat 4 Agustus 2017 juga menuliskan keterangan.

“Banyak warga yang belum tidur di wilayah tersebut panik, dan beberapa diantaranya sempat berlari keluar rumah untuk menyelamatkan diri. Saat ini belum ada laporan kerusakan akibat gempa,” ujar Daryono.

gempa
Copyrigth©merdeka

Daryono juga menjelaskan, jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi dengan kedalaman 62 km ini, merupakan jenis gempa bumi berkedalaman menengah akibat aktivitas subduksi Lempeng. Gempa tersebut memiliki kedalaman menengah.

Sehingga spectrum guncangan terjadi pada wilayah yang luas mencakup daerah Panagandaran hingga Pacitan. Menurut keterangan yang diberikan Daryono, hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini dipicu oleh penyesaran naik.

Kendati itu terjadi di laut dengan mekanisme sumber sesar naik, namun hasil pemodelan menunjukkan tidak berpotensi tsunami. Selain itu, hasil monitoring BMKG hingga dini hari tadi, juga belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan.

Daryono mengimbau kepada masyarakat di wilayah selatan Jawa Tengah dan Yogyakarta agar tetap tenang danj tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Gempa yang terasa hingga Yogyakarta itu membuat warga berhamburan ke luar rumah setelah beberapa saat merasakan guncangan. Menurut keterangan salah seorang warga, gempa tersebut terasa cukup besar sampai membuatnya keluar rumah.

Anang salah seorang warga mengira, gempa bumi berpusat di Bantul seperti saat kejadian gempa bumi Bantul 2006 silam yang berpusat di darat. Meski getaran gempa cukup namun Anang mengaku tidak ada kerusakan pada bangunan rumah.

Baca Juga BMKG: Banyak Rumah Rusak dan Satu Gereja Roboh Akibat Gempa Bumi di Poso!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here