BMKG Berikan Penjelasan Soal Suhu dingin yang Dirasakan Belakangan Ini!

0
632
BMKG
Copyright©netralnews

BMKG Berikan Penjelasan Soal Suhu dingin yang Dirasakan Belakangan Ini!

Indowarta.com – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) akan menjelaskan mengenai suhu dingin yang sering dirasakan beberapa hari ini. BMKG sendiri akan memberikan pernyataan mengenai hal itu karena beberapa hari ini sejumlah warga merasakan suhu lebih dingin dimalam hari dari biasanya.

Seperti warga Yogyakarta yang mengeluhkan suhu beberapa hari terakhir hari terasa lebih dingin dari biasanya. Belakangan ini diketahui jika suhu di pagi hari di Yogyakarta mencapai 18 derajat celcius dan itu tidak seperti biasanya.

Menanggapi hal tersebut penjelasan pun diberikan oleh Deputi Bidang Klimatologi BMKG, Mulyono Rahadi Prabowo. Dia mengungkapkan jika kondisi tersebut merupakan hal wajar atau normal pada musim kemarau. Pada musim kemarau sendiri cuaca cerah pada siang hari yang menyebabkan potensi terjadinya hujan minim.

Selain itu daerah Yogyakarata dan sekitarnya juga dipengaruhi datangnya angin dari Australia yang diketahui cukup dominan masuk ke Indonesia. Angin tersebut membawa uap air sehingga membuat potensi pertubuhan awan pemicu hujan menjadi kecil. Dan akibat dari kondisi tersebut ialah perbedaan suhu siang dan malam yang lebih besar dibandingkan biasanya.

BMKG
Copyright©kompas

BMKG sendiri menjelaskan jika hal itulah yang meyebabkan udara lebih dingin dari pada biasanya.  Selain itu karena tak ada awan bumi juga akan lebih cepat panas yang diterima oleh atmosfer pada saat malam hari.

‘Maka dari itu suhu akan lebih dingin. Sama seperti jika kita gerah pastinya akan melepas baju dan pada saat itu suhu badan lepas ke udara. Selanjutnya suhu badan akan turun yang membuat kita merasa lebih dingin’ ujar Mulyono.

Mulyono juga mengatakan kejadian serupa juga terjadi di perkebunan kentang di daerah tinggi Dieng, Jawa Tengah. Pada saat pagi sering didapati embun es yang membeku dan kentang pun akan menjadi layu karena air di dalam sel tanaman menjadi beku

BMKG melaui Mulyono juga menuturkan jika perbedaan suhu seperti di Yogyakarta dan Dieng juga dialami oleh daerah lain. Dengan adanya angin yang dominan dari Australia perbedaan suhu siang dan malam akan terjadi juga di daerah Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

baca juga : Berita Terkini: BMKG Deteksi Adanya 10 Titik Panas di Jambi!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here