Awas . . 52,3 Persen Anak 12 Tahun di Indonesia Alami Gigi Berlubang!

0
426
Gigi Berlubang
Copyright©majalahcsr

Awas . . 52,3 Persen Anak 12 Tahun di Indonesia Alami Gigi Berlubang!

Indowarta.com– Berkerja sama dengan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Mahasaraswati Denpasar didukung 3M Indonesia, Pemerintah Kota Denpasar ini telah berhasil memecahkan memecahkan rekor MURI (Musium Rekor Indonesia).

baca juga : Menurut Ilmuwan, Begini Lho Cara Masak Ayam Goreng Secara Sempurna!

Hal ini karna pelaksanaan edukasi kesehatan mulut dan juga pemeriksaan karies gigi kepada sebanyak 3.059 murid Sekolah Dasar yang telah dipandu oleh sebanyak 326 Dokter Gigi. Pemecahan rekor muri ini telah terjadi pada hari Senin 31 Juli 2017 di Stadion Ngurah Rai Denpasar.

Kegiatan ini telah digelar karena penyakit gigi berlubang di Indonesia yang memang cukup memprihatinkan. Berdasarkan dari laporan riset kesehatan dasar (Riskedas) pada tahun 2013 ini sebanyak 52,3 persen penduduk Indonesia yang berada di usia diatas 12 tahun telah mengalami karies pada gigi atau gigi berlubang.

Gigi Berlubang
Copyright©balipuspanews

Pelaksanaan kegiatan ini pun telah berjalan dengan lancar dan juga meriah. Para peserta yang terdiri dari pelajar di 12 Sekolah Dasar di Denpasar ini sudah memadati kawasan stadion Ngurah Rai kurang lebih pada pukul 08.00 WITA. Tidak hanya para peserta saja yang antusias menyambut acara ini, para dokter gigi pun juga antusias untuk memberikan pelayanan.

baca juga : Jangan Anggap Sepele, Inilah Rubella, Penyakit Menular yang Intai Janin!

Kepala Dinas Kesehatan Kota Denpasar, dr. Luh Putu Sri Armini seusai menerima piagam Rekor MURI telah mengatakan “Pelaksanaannya sangat luar biasa. Dari jam 08.00 pagi sudah terlihat antusiasme, baik dari dokter-dokter gigi maupun murid-muridnya. Kegiatan ini diharapkan menjadi suatu langkah di dalam mendukung program pemerintah Indonesia Bebas Karies 2030”.

Lebih lanjut lagi, Sri Armini ini juga telah mengatakan bahwa edukasi kesehatan mulut dan gigi bagi anak sekolah ini sangatlah pengting. Pada saat ini gigi berlubang merupakan salah satu masalah kesehatan mulut dan gigi yang terbesar di Indonesia.

Sri Armini juga mengaku bahwa berhasilnya mencapai rekor MURI ini merupakan salah satu kebanggaan tersendiri bagi semua pihak. Namun tentu saja hal ini bukanlah merupakan tujuan utama dari diadakannya keigatan ini. Tujuan utama dari kegiatan ini adlaah untuk memberikan edukasi kesehatan gigi untuk menyiapkan generasi yang mampu menjadi dokter bagi dirinya sendiri.

baca juga : 

Akibat Anda Sepelekan Gigi Sensitif!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here