Berapakah Pajak Mobil Mewah Koenigsegg CCX yang Diduga Milik Raffi Ahmad?

0
581
Koenigsegg CCX
Copyright©otomania

Berapakah Pajak Mobil Mewah Koenigsegg CCX yang Diduga Milik Raffi Ahmad?

Indowarta.com – Kali ini publik tengah heboh mengomentari penampakan mobil mewah jenis Koenigsegg CCX. Mobil tersebut beberapa hari terakhir ini kerap muncul dan terlihat berada di kediaman artis sekaligus presenter Raffi Ahmad.

Wajar saja mobil mewah tersebut menjadi bahan perbincangan publik hingga saat ini. Pasalnya mobil sport Koenigsegg CCX tersebut dibuat dalam jumlah terbatas di seluruh dunia dan harganya diperkirakan mencapai Rp 64 miliyar.

Terlihat mobil yang diduga milik Rafi Ahmad itu juga diposting pada akun twitter pribadi milik komedian Raditya Dika. Lebih hebohnya lagi postingan yang menunjukan mobil mewah super mahal itu dikomentari oleh akun Twitter Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak Republik Indonesia (RI).

Akun twitter Dirjen Pajak RI tersebut saat itu megingatkan jika ada tambahan harta tahun pajak berjalan serta untuk tidak lupa melaporkan di STP tahunan. Lantas komentar itupun menjadi bahan pertanyaan oleh banyak orang.

 Koenigsegg CCX
Copyright©otomania

Sebenarnya berapa perkiraan pajak Koenigsegg CCX jika memang dibeli dan sudah menjadi milik artis kondang Raffi Ahmad?

Mengenai mobil mewah Koenigsegg CCX tentunya diwajibkan pajak dan nilainya pun juga akan lebih dari mobil pada umumnya. Cukup diketahui jika ada beberapa biaya pajak yang paling besar diantaranya Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) dan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).

Untuk perhitungan BBKNB ditentukan besarnya 10 persen dari harga kendaraan off the road dan jika harganya Rp 64 miliyar maka wajib pajaknya Rp, 6,4 miliyar. Sedangkan PKB sendiri diatur dalam Pemendagri Nomor 29 tahun 2012 tentang Perhitunga Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor.

PKB sendiri jumlahanya 1,5 persen dari nilai jual kendaraan dan besifat menurun pada setiap tahunnya didapati penyusutan senilai harga jual kendaraan itu sendiri. Jika Koenigsegg itu mobil baru maka koefisiennya Rp 64 miliyar x 1,5 persen, maka diartikan  jika mobil itu dikenakan pajak Rp 950 juta. Biaya tersebut belum ditamah dengan biaya lainnya seperti Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) serta biaya administrasi.

Raffi Ahmad sendiri sudah membantah jika Koenigsegg CCX itu bukanlah miliknya. Dia mengaku jika mobil mewah tersebut milik temanya dan dititipkan dirumahnya. Mobil mewah itu sendiri pertama kali terlihat di pameran Indonesia Interational Motor Show (IIMS) pada bulan April lalu.

baca juga : Jajal Kemampuan LG G6 yang Begitu Memikat di Sektor Audio dan Kamera!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here