Gerhana Bulan Sebagian Akan Bisa Terlihat di Indonesia Malam Nanti Jika Cuaca Mendukung!

0
540
Gerhana Bulan
Copyright©hello

Gerhana Bulan Sebagian Akan Bisa Terlihat di Indonesia Malam Nanti Jika Cuaca Mendukung!

Indowarta.com – Jika kalian merasa jenuh mungkin bisa luangkan waktu malam ini karena Indonesia akan disapa fenomena alam yang jarang terjadi yakni Gerhana Bulan parisal (sebagian). Kejadian alam ini akan terlihat pada langit Indonesia pada tangal 7 higga 8 Agustus 2017.

Mengenai akan terjaidnya Gerhana Bulan ini juga dijelaska oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Dari lansiran yang diperoleh BMKG menyebutkan jika fenomena ini akan dimulai sekitar pukul 22.48 WIB pada Senin 7 Agustus 2017.

Dikatakan jika puncak gerhana akan terjadi pada pul 01.20 dini hari nanti dan gerhana bulan sebagian sendiri akan dimulai pukul 00.22 WIB. Gerhana bulan sebagian akan berakhir pada pukul02.18 WIB dan akan berakhir secara seluruhnya pada pukul 03.52 WIB Selasa, 8 Agustus 2017.

‘Gerhana bulan sebagian (GBS) akan nampak pada 7 Agustus hingga 8 Agustus 2017 dan dapat diliat langsung di Indonesia’ info BMKG.

Gerhana Bulan
Copyright©liputan6

Sedangkan warga daerah Malang, Jawa timur berkesempatan menyaksikan langsung fenomena Gerhana Bulan jika cuaca cerah. Pernyataan tersebut disampaikan oleh Kepala BMKG Karangkates, Kabupaten Malang, Musripan.

‘Jika nanti tanggal 7 Agustus cuaca di Malang cerah kita bisa lihat dengan jelas posisi bulan yang tertutup sebagian. Jadi nanti kita akan lihat jika bulan akan tertutup sebagian dan tidak lagi bulat’ ujar Musripan pada Minggu, 6 Agustus 2017.

Musripan menambahaka jika gerhana merupakan peristiwa ketika cahaya matahari terhalangi oleh bumi sehingga tidak semuanya sampai ke bulan. Dia menyebutkan jika terjadinya peristiwa ini diakibatkan dinamisnya pergerakan posisi matahari, bumi dan bulan. Gerhana bulan hanya akan terjadi pada fase purnama dan bisa diprediksi.

Jika dilihat dari keseluruhan gerhana ini dapat diamati di bagian barat Australia, Asia, Samudra Hindia dan bagian Timur Afrika. Kemudian gerhana pada saat buan terbit juga dapat dilihat di wilayah Eropa, bagian barat Afrika, selatan Samudera Atlantik dan sebagian kecil timur Amerika Selatan.

Sementara itu Gerhana Bulan sendiri ialah peristiwa terhalanginya sinar matahari oleh bumi sehingga tak akan sampai ke bulan. Pada penampakan gerhana kali ini dikatakan jika fasenya akan berlagsung selama kurang lebih 1 jam 56 menit.

baca juga : Cerita Haru Wanita Dampingi Suami Lawan Kanker Lidah Di FB Ini Bikin ‘Titikan Air Mata’!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here