Sedang Ramai Di Berbagai Sosmed, Inilah Gejala, Penyebab Sekaligus Langkah Pengobatan Kanker Lidah!

0
1727
Kanker Lidah
Copyright©akukanker

Sedang Ramai Di Berbagai Sosmed, Inilah Gejala, Penyebab Sekaligus Langkah Pengobatan Kanker Lidah!

Indowarta.comKanker lidah merupakan jenis kanker yang tumbuh pada sel-sel lidah. Biasanya kanker lidah ini tumbuh dan berkembang pada sel-sel skuamusa yang ada di permukaan lidah. Secara anatomi, lidah manusia ini telah terdiri dari dua bagian yakni bagian depan yang terletak di dalam mulut dan juga bagian pangkal yang terletak di dekat tenggorokan. Kanker lidah bisa berkembang di dua bagian tersebut.

Diduga bahwa alkohol dan juga tembakau ini telah menjadi penyebab utama dari munculnya kanker lidah ini. Hal ini karena dua barang tersebut telah memiliki sifat karsinogenik atau mudah menyebarkan kanker. Beberapa gejala yang telah mengindikasikan kanker lidah adalah sebagai berikut :

  • Sakit tenggorokan yang berlangsung secara terus menerus.
  • Terdapat bercak yang berwarna merah atau putih, benjolan ataupun sariawan yang tidak akan langsung kunjung sembuh.
  • Terasa sakit pada saat menelan.
  • Rasa kebas di dalam mulut yang tidak kunjung hilang.
  • Pendarahan tanpa sebab yang jelas pada lidah.
  • Rasa sakit pada telinga.
Kanker Lidah
Copyright©viva

Hingga saat ini masih belum diketahui secara pasti penyebab dari kanker lidah ini. Namun ada beberapa faktor yang dipercaya menjadi penyebab kanker lidah, yaitu :

  • Rokok
    Kurang lebih sebanyak 85 persen kanker yang telah terjadi di daerah kepala dan leher termasuk juga lidah ini telah disebabkan oleh mengkonsumsi tembakau. Tidak hanya itu saja, si perokok pasif ini juga akan beresiko untuk terjangkit kanker di bagian kepala dan leher.
  • Alkohol / Minuman Keras.
    Mengkonsumsi minuman keras ini akan menimbulkan resiko terjangkit kanker.
  • Human Papillomavirus (HPV)
    virus HPV akan menyebabkan pertumbuhan jaringan abnormal dalam mulut sehingga akan memicu kanker. Penularan virus ini bisa terjadi bila anda bersentuhan langsung atau mealui konta seksual.
  • Kebersihan mulut yang rendah.
    Kanker lidah bisa dikaitkan dengan luka mulut yang tidak kunjung sembuh. Penting untuk kita menjaga kebersihan kita sendiri.

Pada umumnya, metode penanganan kanker lidah ini adalah operasi, radioterapi ataupun kemoterapi. Langkah yang akan dipilih tersebut tergantung dengan jenis, letak dan juga tingkat keparahan kanker lidah yang diidap.

baca juga : 

Awas . . 52,3 Persen Anak 12 Tahun di Indonesia Alami Gigi Berlubang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here