Tokopedia Akan Diakuisisi Oleh JD.com?

0
1258
tokopedia

Tokopedia Akan Diakuisisi Oleh JD.com?

Indowarta.com– JD.com yang merupakan raksasa e-commerce China ini telah dikabarkan akan melakukan akuisisi terhadap saham mayoritas Tokopedia. Semenjak bulan Mei 2017 yang lalu, rumor akuisisi ini sebenarnya sudah berhembus. Namun hingga saat ini masih belum bisa dibenarkan secara resmi oleh kedua belah pihak yang bersangkutan.

baca juga : Berita Terkini: DL Sitorus Meninggal Dunia Saat Hendak Ke Medan!

Tidak hanya JD.com saja, Alibaba yang juga merupakan raksasa e-commerce China ini juga sempat dikabarkan akan melakukan akuisisi terhadap Tokopedia. Tidak tanggung-tanggung, nilai yang sudah dipersiapkan oleh Alibaba ini sebesar 500 juta dollar AS atau kurang lebih sebanyak Rp 6,6 triliun. Namun kabar itu masih saja mengambang tanpa adanya kejelasan.

Pada saat CEO sekaligus pendiri Tokopedia, William Tanuwijaya, pada pada hari Senin 7 Agustus 2017 dihubungi terkait dengan akuisisi JD.com tersebut, pihak dari Tokopedia telah menyebutkan bahwa Tokpedia telah memiliki kebijakan untuk tidak memberikan komentar terhadap spekulasi pasar dan juga rumor termasuk juga isu mengenai akuisisi JD.com. Lalu perwakilan dari JD.com pada saat dihubungi terkait dengan akuisisi ini juga masih belum memberikan keterangan.

Sebelumnya Alibaba sendiri sudah berhasil lebih dahulu mengakuisisi Lazada yang juga merupakan salah satu raksasa e-commerce di Indonesia ini. Jika dillihat dari peta bisnis, maka sangatlah masuk akal jika nantinya JD.com akan mengakuisisi Tokopedia. Hal ini karena Tokopedia ini merupakan e-commerce terbesar di Indonesia dan bahkan sudah masuk ke dalam jajaran startup unicorn se Asia Tenggara.

baca juga : Istri Caesar, Indadari mengaku Sudah Sembuh dari Psoriasis, Bisakah Sembuh Total?

Kini Alibaba sudah berhasil mengakuisisi Lazada, maka JD.com juga perlu mengakuisisi Tokopedia sebagai amunisi untuk menghadapi persaingan yang semakin sengit. JD.com akan kesulitan untuk bisa memiliki posisi yang strategis di pe e-commerce Tanah Air jika memang benar nantinya Alibaba akan memegang Lazada dan juga Tokopedia.

Terakhir kali Tokopedia ini telah mendapatkan pendanaan yang berasal dari Softbank Japan dan Sequoia Capital dengan nilai 100 juta dollar AS atau kurang lebih Rp 1,3 triliun pada tahun 2014 yang lalu. Sementara itu JD.com sudah beroperasi di Indonesia dengan nama JD.id semenjak akhir 2015 yang lalu.

baca juga : 

Nyonya Meneer Pailit, Pesangon Untuk Ribuan Buruh Kemungkinan Menguap!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here