Berita Terkini : Ribuan Pengendara Kena Tilang Dalam Operasi Patuh Jaya Digelar Hari Ini !

0
1208
Operasi Patuh Jaya

Berita Terkini : Ribuan Pengendara Kena Tilang Dalam Operasi Patuh Jaya Digelar Hari Ini !

indowarta.com– Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya telah menggelar Operasi Patuh Jaya 2016 sejak hari Senin kemarin 16 Mei 2016. Baru satu hari operasi Patuh Jaya digelar, hasilnya polisi berhasil menindak ribuan pelanggar lalu lintas di Jakarta.

Sebanya 5.210 pengendara yang terkena surat tilang polisi dan 1.224 pengendara lainnya terkena teguran dari polisi. Jumlah tersebut telah menunjukkan bahwa tingkat kesadaran pengendara di Jakarta untuk memperhatikan keselamatan dan keamanan di jalan raya masih dibilang sangat kurang. Hal ini juga ditegaskan oleh Kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto.

Selain itu polisi juga menyita sekitar 1.868 Surat Izin Mengemudi (SIM) dan juga 3.326 Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) milik pelanggar lalu lintas. Para pengendara sepeda motor lah yang merajai pelanggaran ini. Jumlah pengguna sepeda motor yang melanggar adalah 3.738 pengendara. Sedangkan sisanya adalah pengendara mobil pribadi dan angkutan umum.

Operasi Patuh Jaya

Kebanyakan pelanggaran yang mereka perbuat adalah melanggar marka jalan, stop line, melawan arus, menerobos jalur busway, lampu sepeda motor, spion dan helm. Selain yang bukan merupakan pengendara sepeda motor kebnyakan yang dilanggar adalah sabuk pengaman, mengoperasikan ponsel pada saat berkendara, kelebihan muatan dan tidak mempunyai surat yang lengkap.

Selama Operasi Patuh Jaya 2016 dilakukan, terdapat total delapan insiden kecelakaan lalu lintas di Jakarta. Tiga orang pengendara luka berat, delapan luka ringan dan satu orang meninggal dunia akibat kecelakaan.

Dengan adanya Operasi Patuh Jaya 2016 ini diharapkan mampu mengingatkan masyarakat dalam berkendara. Misi polisi adalah mengajak masyarakat menjadi pelopor keselamatan dalam berlalu lintas. Tujuan dari Operasi Patuh Jaya 2016 ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat atas pentingnya mengutamakan keselamatan dalam berkendara. Selain itu Operasi Patuh Jaya 2016 ini juga sebagai bentuk persiapan menyambut bulan puasa dan juga Idul Fitri.

baca juga :

Berita Terkini : Awas, , Polda Metro Jaya Gelar Operasi Patuh Raya Sampai Akhir Mei Mendatang !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here