Tips Jitu Menghindari Stroke, Begini Caranya!

0
542
stroke
Copyright©wrdpress

Tips Jitu Menghindari Stroke, Begini Caranya!

Indowarta.com Stroke merupakan salah satu penyakit yang sering kali menyerang mereka yang sudah lanjut usia atau lansia. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang dapat terjadi karena seseorang kehilangan sirkulasi darah menuju ke otak.

Penyakit Stroke sendiri akan menjadi semakin parah jika kadar oksigen di dalam otak semakin berkurang. Sedangkan menurut World Helath Organization (WHO) penyakit ini adalah salah satu penyakit kardivaskuler yang paling banyak dan umum terjadi di dunia. Bahkan penyakit ini melebihi penyakit jantung.

Penyakit ini juga menjadi salah satu penyebab kematian yang utama di seluruh dunia. Dalam ilmu kesehatan orang yang paling rentan dan beresiko terkena penyakit stroke ini mereka yang berusia lanjut yakni 40 hingga 60 tahun.

Stroke sendiri terbagi menjadi dua tipe diantaranya stroke iskemik dan hemorrhagic stroke. Untuk tipe stroke iskemik disebabkan oleh pemyumbatan pembuluh arteri sehingga darah tak bisa lancar. Dari catatan American Heart Association sebanyak 87 persen stroke jenis ini menyerang manusia.

stroke
Copyright©liputan6

Kemudian tipe kedua yakni hemorrhagic disebabkan oleh pembuluh darah pecah baik diotak maupun pembuluh darah di bagian tubuh lainnya. Maka dari itu supaya terhindar dari penyakit yang bisa dibilang membahayakan ini perlu menjaga kesehatan.

Ada banyak cara untuk menjaga kesehatan tubuh supaya terhindar dari penyakit yang satu ini. Mulai dari rajin bergerak dan berolahraga, menjaga berat badan ideal, menghindari penggunaan obat-obatan dan mengatur pola makan serta diet seimbang.

Cara pertama yakni rajin bergerak dan berolahraga merupakan salah satu cara menjaga tubuh agar tetap sehat sepanjang hari. Cara ini merupakan salah satu upaya mencegah penyakit stroke dan upayakan berolahraga selama 30 menit setiap harinya.

Kemudian menjaga berat badan ideal juga merupakan salah satu cara agar tubuh tetap sehat. Untuk kalian yang ingin tubuh sehat dan ideal cobalah turunkan berat badan jika Anda memeiliki berat badan yang berlebih.

Ketiga dengan menghindari penggunaan obat juga akan mencegah Stroke menghampiri kita. Pengguaan obat sendiri mempunya efek samping yang justru meningkatkan risiko terkena stroke. Jika Anda mengkonsumsi obat pastikan obat tersebut sesuai dengan kebutuhan dan menurut resep dokter.

Terakhir dengan menjaga pola makan atau diet seimbang juga merupakan salah satu cara menghindari penyakit ini. Dengan makanan sehat seperti buah-buahan, gandum, protein dan sayuran akan menjaga tubuh tetap sehat. Perlu diingat juga supaya menghindari makanan kemasan yang bayak mengandung lemak dan bahan pengawet.

baca juga : Sebarkan Foto Sekaligus Konten Sara di FB, Pemilik Akun Sri Rahayu Ditangkap Polisi!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here