Begini Potret Keindahan Gerhana Bulan yang Terjadi Dinihari Tadi!

0
432
Gerhana Bulan
Copyright©sainskompas

Begini Potret Keindahan Gerhana Bulan yang Terjadi Dinihari Tadi!

Indowarta.com – Seperti dikatakan sbelumnya Gerhana Bulan akan nampak di seluruh wilayah Indonesia. Terlihat fenomena alam ini muncul di tanah air pada Senin, 7 Agustus 2017 tengah malam hingga Selasa, 8 Agustus 2017 dini hari tadi.

terlihat gambar penampakan bulan saat puncak terjadinya Gerhana Bulan nampak dari sebagian wilayah Indonesia pada Selasa dini hari. Bulan yang sedikit tertutup bayangan hitam tersebut bisa dilihat dengan mata telanjang dan tak perlu mengguakan alat bantu.

Penampakan bulan ini juga bisa dilihat denga mata telanjang tanpa menggunakan alat pelindung untuk mengamatinya. Diketahui jika gerhana pada malam tadi merupakan gerhana terkahir di tahun 2017 ini dan dengan ini tercatata pada tahun ini terjadi dua gerhana matahari serta dua gerhana bulan.

Namun terkait dengan gerhana matahari tak satupun yang bisa disaksikan dari wilayah Indonesia dan gerhana bulan lainnya hanya gerhana panumbra sehingga tak kasatmata. Sejumlah gambar Gerhana Bulan pada malam tadi tertangkap dengan baik oleh sejumlah kamera fotografer.

Gerhana Bulan
Copyright©sainskompas

Foto itu sendiri diambil dari wilayah Gianyar, Bali, Indramayu, Jawa Barat dan Surabaya, Jawa Timur.  Menurut astronom amatir M’ruf Sudibyo mengatakan saat puncak gerhana 24,6 persen piringan bulan akan hilang. Hal itu karena piringan bulan masuk ke arah umbra atau bayang-bayang inti bumi.

Terlihat bagian bulan yang menghilang ialah kiri bawah dan sebagian bulan lainnya tetap bersinar terang menampakan warna putih. Gambaran penampakan bulan saat puncak gerhana terlihat dalam fase mid eclipase.

Dikatakan jika fase puncak teradinya gerhana bulan ini terjadi pada dini hari tadi tepatnya Selasa, 8 Agustus 2017 sekitar pukul 01.20 WIB. Bulan dengan wajah tersebut terlihat dan dapat disaksikan dengan mata telanjang dan tanpa pelindung.

Sementara itu fenomena Grehana Bulan ini juga terlihat di Surabaya, Jawa Timur tepatnya pukul 00.00 hingga sekitar pukul 02.00 WIB pada malam dini hari tadi. Fenomena langka ini menjadi buruan kamera warga Surabaya dan salah satunya terlihat di Jalan Kedung Sroko, Pacar Kembang, Tambak Sari, Surabaya.

Berdasarkan laman Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) gerhana bulan berakhir pada pukul 02.18 WIB. Gerhana  berakhir seluruhnya atau sudah tak nampak lagi pada pukul 03.52 WIB pada dini hari tadi.

baca juga : Penghuni Green Pramuka City Setuju dengan Suara yang Diutarakan Oleh Acho!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here