Gejala Awal Kanker Lidah dan Mulut yang Musti Diketahui!

1
2474
Kanker Lidah
Copyright©wartakesehatan

Gejala Awal Kanker Lidah dan Mulut yang Musti Diketahui!

Indowarta.com– Kanker mulut ni memanglah termasuk kanker lidah yang kerap kali tidak dikenai. Oral Cancer Foundation ini telah menyatakan bahwa banyak penderita kanker lidah, mulut dan tenggorokan tidak menyadari akan penyakitkan hingga stadium 4.

baca juga : Mengenal Gejala Dan Cara Menangani Kanker Tiroid, Jenis Penyakit yang Sempat Dialami Rachel Amanda!

Kanker lidah memanglah menipu karena tanda-tandanya mirip dengan sariawan atau luka yang biasanya terjadi. Namun beberapa panduan pengenlana di dalam situs Healthlines mengenai cara mengenali kanker lidah bisa membantu siapa saja pun untuk mengenalinya pada tahap awal.

Di dalam situs tersebut juga telah diterangkan bahwa tanda umum dari kanker muluh adalah munculnya bercak atau luka yang tidak biasa dan tidak hilang selama berminggu-minggu. Bercak ataupun luka biasanya muncul di bagian langit-langit mulut, lidah, gusi, ataupun tenggorokan.

Kanker Lidah
Copyright©kompas

Salah satu bercanya adalah campuran berwarna merah dan putih erythroleukoplakia. Jangan menunggu rasa sakit muncul sebab awal dari kanker ini tidak disertai dengan rasa sakit. Gejala yang lainnya juga bisa berupa ruam berwarna merah. Sebanyak 70 hingga 90 persen kasus erythroplakia telah berkembang menjadi kanker sehinga semua harus waspada jika memiliki tanda tersebut.

baca juga : 5 Jenis Kanker yang Tak Memiliki Gejala, Hati Hati!

Bentuk dari tanda-tanda kanker lainnya adalah Leukoplakia atau kerastosis. Wujudnya adalah bercak putih pada bibir, langit-langit mulut, gusi maupun di lidah. Dalam banyak kasus, leukoplakia ini tidak selalu berkembang menjadi kanker namun masih tetap harus diwaspadai.

Gejala awal yang lainnya adalah luka pada lidah. Biasanya luka tersebut telah muncul di bagian bawah lidah dan bisa berkembang di bagian gusi. Jika mengalami sakit pada bagian mulut, belum tentu bisa menjadi kasus kanker. Bercak mirip luka yang cekung di bagian tengah dan juga disertai dengan rasa sakit ini biasanya tidak berkmbang menjadi kanker.

Namun juga perlu diperhatikan periode dari luka tersebut. Jika luka tersebut bertahan lebih dari dua minggu, anda perlu mencurigai hal tersebut. Bisa jadi bahwa itu merupakan bukan kanker tetapi luka jenis lain tanda-tanda awal dari perkembangan kanker mulut.

baca juga : 

Sedang Ramai Di Berbagai Sosmed, Inilah Gejala, Penyebab Sekaligus Langkah Pengobatan Kanker Lidah!

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here