Usai HTI. Ada Ormas Lagi yang Akan Dibubarkan?

0
366
Mendagri
Copyrigth©harianindo

Usai HTI. Ada Ormas Lagi yang Akan Dibubarkan?

Indowarta.com – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mangatakan bahwa pemerintah akan kembali membubarkan organisasi masyarakat (ormas) lain di tingkat daerah atau provinsi setelah pembubaran Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) . Ia juga menyebutkan kalau ormas tersebutkini dalam pencermatan pemerintah.

Melalui pesan singkat Mendagri menjelaskan, “Kementerian Dalam Negeri sedang koordinasi dengan aparat/lembaga/instasi lain. Dari catatan kemendagri ada yang sudah dicermati. Tapi ormas tingkat provinsi, tidak level skala nasional,” ujarnya.

Menurut Tjahjo, ormas tersebut akan dibubarkan lantaran memiliki ideology lain dan dianggap bertentangan dengan Pancasila. Terkait waktu pembubaran, sepertinya tidak akan dilakukan dalam waktu dekat, mengingat perlu pencermatan data yag akurat dan tahap-tahap proses pembuktian.

Saat ini Kemendagri tengah mengkaji dan mengumpulkan bukti  dengan lembaga terkait. Lantaran ini level propinsi, maka perlu dilakukan koordinasi ke daerah dahulu, yang disertai dengan bukti dan data-datanya. Sehingga melalui proses yang panjang hingga dirapatkan dan dianalisa terlebih dahulu.

HTI
Copyright©Panjimas

Seperti yang telah diketahui, sebelumnya pemerintah telah memutuskan mengambil langkah untuk membubarkan dan melarang kegiatan yang dilakukan oleh ormas HTI.

Direktorat jenderal Administrasi Hukum Umum Kementerian Hukum dan HAM telah mencabut status badan hukum ormas Hizbut Tahrir Indonesia. Dengan demikian HTI telah resmi dibubarkan oleh pemerintah.

Tak hanya itu, sebelum pembubaran dilakukan, pemerintah juga menerbitkan Perppu Nomor 2 Tahun 2017 yang mengubah UUNomor 17 Tahun 2013 tentang Ormas. Perppu itu dibuat setelah pemerintah mengumumkan upaya pembubaran ormas HTI yang dianggap anti-Pancasila.

Sementara itu, soal surat keputusan bersama (SKB) menteri pasca pembubaran HTI, Tjahjo mengatakan SKB masih menunggu Kemenko Polhukam. Menkopolhukam Wiranto sebelumnya menyebut inti dari SKB adalah pasca pencabutan status hukum HTI agar tidak menimbulkan keresahan dan keributan di masyarakat serta melindungi persekusi terhadap eks anggota HTI.

SKB yang digodok di Kemenko Polhukam, menurutnya kini tinggal ditandatangani pihak terkait. Selain itu, pemerintah juga akan segera mengumumkannya.

Tjahjo menjamin tidak ada persekusi yang dilakukan terhadap ormas yang dibubarkan. Di antara poin SKB, ada yang membahas anggota PNS yang bergabung ke HTI.

Baca Juga Wiranto Menghimbau Pengikut Untuk Tinggalkan HTI!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here