Inilah Penampakan Guam, Pulau Kecil Bidikan Nuklir Korea Utara!

0
2983
Guam
Copyright©outnews

Inilah Penampakan Guam, Pulau Kecil Bidikan Nuklir Korea Utara!

Indowarta.com – Pihak pemerintahan Korea Utara (Korut) telah mengumbar pernyataan dan bersumpah akan melumat pulau kecil Guam dengan senjata nuklir miliknya. Pulau tersebut merupakan salah satu pulau kecil di Samudera Pasifik, yang menjadi salah satu markas kekuatan militer Amerika Serikat (AS).

Meskipun begitu Guam yang nampak kecil ini menjadi tempat yang dilindungi oleh pemerintahan AS. Pelaku kecil ini dijaga dan dilindungi oleh mesin perang tercanggih di dunia yang nantinya akan digunakan oleh militer AS.

Pulau ini terletak di barat Pasifik yang berjarak sekiar 6.300 kilometer dari Hawaii dan 3.500 kilometer dari pesisir tenggara Korut serta menjadi wilayah koloni AS sejak tahun 1898. Terkait dengan pulau tersebut belum lama ini penguasa Pyongyang, Kim Jong Un menyatakan berencana menyerang pulau yang dihuni oleh 350.000 jiwa.

Kim Jong Un mengumbar jika rencananya Korut akan menyerang pulau itu dengan peluru kendali balistik berhulu ledak nuklir. Hal itu dilakukan karena posisi strategis Guam menjadi salah satu andalan militer negara Paman Syam untuk gerbang ke Asia Timur.

Guam
Copyright©dw

Dalam catatan perang dunia ke II, militer AS sering melancarkan serangan udara kepada Jepang melalui pangkalan di Guam. Maka dari itu wajar saja jika Guam menjadi salah satu bahaya bagi Korut.

Diketahui jika seperempat wilayah pulau kecil ini digunakan sebagai pangkalan militer AS. Sebanyak 6.000 personil ada di pulau itu dan Wasinghton sendiri saat ini juga berencana memindahkan pasukan ke pulau ini karena menyusul konflik dengan penduduk lokal di pangkalan militer Jepang.

Amerika Serikat sendiri memiliki dua pangkalan militer yakni Guam dan di selatan AS ada Apral Harbor. Pangkalan Harbor merupakan pangkalan angkatan laut yang selalu dijaga oleh empat kapal selam nuklir. Cukup diketahui jika setiap misi pengintaian udara dilakukan di dikerahkan disana dan tak heran jika AS mendapatkan julukan ‘ujung tombak’.

Pemerintahan Amerika Serikat pun tak tinggal diam dengan ancaman Korut mengenai keberadaan Guam. Untuk menghadapi ancaman itu AS sejak tahun 2013 telah membangun sistem pertahanan udara Terminal High Altitude Area Defence (THAAD) di selatan Guam.

THAAD antara lain bertugas untuk menghancurkan peluru kendali tanpa hulu ledak, namun dengan tumbukan energi kinetik. Sedangkan Korut sendiri tak pertama kali ini mengancam dan terlebih lagi pulau kecil itu berada dalam jangkauan peluru kendali Hwasong-8.

baca juga : Situasi Memanas, WNI di Korea Selatan dan Utara Akan Dipulangkan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here