Rancangan Perpres Tentang Mobil Listrik Bocor!

0
338
Mobil Listrik
Copyright©panokok

Rancangan Perpres Tentang Mobil Listrik Bocor!

Indowarta.com– Pernyataan Menteri ESDM yakni Ignasiu Jonan mengenai kendaraan listrik pada bulan Juni lalu ini ternyata telah berbuntut panjang. Setelah munculnya Perpres Nomor 22 tahun 2017 mengenai RUEN yang menjadi payung regulasi kendaraan ramah lingkungan, kali ini telah mulai muncul lagi Perpres baru mengenai mobil listrik.

baca juga : Mobil Listrik Buatan Mahasiswa Indonesia Sampai Balapan di Reli Dakar!

Salah satu media telah berhasil memperoleh bocoran draf rancangan Peraturan Presdien mengenai Percepatan Pemanfaatan Tenaga Listrik untuk Transportasi Jalan di Jakarta pada hari Selasa 8 Agustus 2017. Hingga saat ini telah dikabarkan bahwa draft tersebut kini sudah final sembari disosialisasikan ke departemen yang terkait, dan juga tingga ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo dan menunggu pemberian nomor.

Lalu pada saat ditanyakan secara langsung kepada Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronik, Kemenperin yakni I Gusti Putu Suryawirawan, dirinya masih belum mau membongkar mengenai Perpres ini. Dirinya pun telah melemparkan ini kepada pihak Kementerian ESDM.

Mobil Listrik
Copyright©kabarin

Putu pada hari Rabu 9 Agustus 2017 ini telah mengatakan “Kami tidak tahu-menahu soal itu. Kami hanya diminta untuk menunjang indusrinya. Namun, perkembangannya di sana kami tidak tahu. Leading-nya kalau tidak salah Kementerian ESDM, karena mereka yang menyediakan listriknya”.

baca juga : Tanpa Siluet, Begini Lho Penampakan Asli Mitsubishi Expander!

Pembahasan Perpres di Kemenperin ini berlangsung di dalam rapat tertutup yang telah melibatkan beberapa pihak antara lain seperti Kementerian Perindustrian, Asosiasi Pengembang Kendaraan Listrik bermerka Indonesia (APKLIBERNAS), PT Great Asia Link, Industri otomotif (Gaikindo dan AISI) serta ada beberapa yang lainnya juga.

Untuk kedepannya nanti masih belum diketahui kapan rapat lanjutan akan diselenggarakan kembali. Berdasarkan dari informasi yang telah diberikan oleh salah satu sumber, pembahasan mengenai Perpres ini akan berlanjut ke Kementerian Perhubungan pada tanggal 16 Agustus 2017 mendatang.

Terdapat sebanyak 13 pasal di dalam draft Perpres yang dimulai dari pengategorian jenis kendaraan listrik, (sepeda motor listrik, penumpang listrik, dll), infrastruktur, uji tipe, insentif, sampai pada pengolahan limbah baterai. Patut ditunggu bagaimana kabar selanjutnya mengenai Perpres ini.

baca juga : 

Inilah Penampakan Yaris Ativ, Sedan Baru Toyota Dengan Ukuran Mesin Mini!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here