Pengertian, Gejala dan Penyebab Sindrom Tourette yang Diderita Oleh Tora Sudiro!

0
391
Sindrom Tourette
Copyright©dokter sehat

Pengertian, Gejala dan Penyebab Sindrom Tourette yang Diderita Oleh Tora Sudiro!

Indowarta.com – Penyakit Sindrom Tourette merupakan salah satu gangguan dimana penederitanya sering melakukan kegiatan berulang yang disengaja atau diluar kendali seeta bersifat mendadak. Perilaku tersebut biasanya disebut dengan istilah tic dan gagguan ini akan mulai muncul pada usia anak-anak.

Sindrom Tourette akan mulai muncul pada usai 2 hingga 15 tahun dan kebanyakan penderitanya kaum laki-laki dibandingkan dengan perempuan. Seorang anak akan mengalami tic pada usia tertentu dan umumnya tak akan terlihat. Namun tic ini terjadi hilang dan pergi serta bisanya akan hilang dalam satu tahun.

Pada penderita Sindrom Tourette akan terjadi berbagai jenis tic selama beberapa kali selama lebih dari satu tahun lamanya. Penyebab gangguan ini sampai saat ini belum diketahui dengan pasti. Diperkirakan gangguan ini muncul karena faktor genetik dan bisa juga keadaan lingkunagn sekitar.

Faktor genetik nampaknya menjadi penyebab terbesar karena jenis kelamin laki-laki dan ada keluarga yang menderita Sindrom Tourette lainnya akan meningkatkan resiko seseorang lainnya mengalami gangguan ini. Sejumlah teori pun bermunculan salah satunya faktor lingkungan juga mempengaruhi terjadinya gangguan tic ini.

Sindrom Tourette
Copyright©alodokter

Gangguan yang dialami ibu saat masa kehamilan dan melahirkan diduga menjadi faktor munculnya gangguan ini pada anak yang dikandungnya. Gangguan bisa berupa tingkat stres yang dialami ibu selama mengandung serta proses kelahiran yang berlangsung lebih lema.

Sedangkan tic sendiri merupakan salah satu gejala utama dari Sindrom Tourette yang dilakukan tanpa sengaja. Perilaku yang dimunculkan sendiri juga tidak memiliki maksud dan tujuan tertentu karena pederita tak dapat mengendalikan kemunculan gangguan tic ini.

Ada dua klaridkasi tic yang dilakukan oleh anak-anak yakni motor tics dan vocal tics. Pada motor tics si anak akan melakukan gerakan berulang-ulang seperti halnya mengedipkan mata, membuka mulut, mencicir, menggendutkan mulut, menganggukan kepala ataupun menggelengkan kepala. Sedangkan vocal tics memunculkan suara-suara seperti batuk, suara seperti binatang dan bisa juga terlihat dari serinya anak menggerutus tanpa alasan.

Sedangkan diagnosis Sindrom Tourette ini dalakukan berdasarkan gejala alami dan pemeriksaan fisik. mungkin juga bisa menggunkan cara lain seperti tes darah dan MRI scan untuk mengenyampingkan penyebab tic oleh penyait lain.

Tak ada pengobatan yang dapat menyembuhkan gangguan ini dan penangannanya hanya ditujukan untuk mengendalikan gejala dalam kehidupan sehari-hari. Prosedur penanganan itu diantaranya terapi wicara, edukasi dan dukungan.

baca juga : Kulit Membutuhkan Body Lotion Karena. . .

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here